Facebook meluncurkan Messenger Lite untuk Android

facebook-lite

ERATEKNO.COM. Facebook baru saja mengumumkan ketersediaan dari versi baru dari aplikasi Messenger untuk perangkat Android. Dijuluki Messenger Lite, aplikasi akan diluncurkan di pasar negara berkembang di mana komunikasi masih mewah.

Tujuan utama dari Messenger Lite adalah untuk mengurangi konsumsi data seluler, yang begitu mahal di beberapa pasar. Menurut Facebook, aplikasi Messenger Lite awal akan diluncurkan di lima negara: Kenya, Malaysia, Sri Lanka, Tunisia, dan Venezuela. Namun, pengembang dikonfirmasi aplikasi akan memperluas ke pasar lainnya setelah fase peluncuran awal.

Alasan lain Facebook memutuskan untuk meluncurkan versi ringan dan dasar Messenger yaitu karna ada banyak orang di pasar-pasar berkembang yang masih memiliki perangkat Android yang lebih tua yang memiliki kapasitas yang lebih sedikit, memori, dan CPU berkinerja rendah. smartphone ini sering berjalan pada koneksi bandwidth yang lebih rendah, sehingga Messenger Lite pasti akan berguna di negara-negara tersebut.

Aplikasi ini akan diluncurkan di lima negara ini pertama karena Facebook mengklaim mereka memiliki jumlah yang lebih besar dari pengguna Messenger dari wilayah negara lainnya. Tapi, seperti yang disebutkan sebelumnya, Messenger Lite akan tiba di pasar negara berkembang lain juga, segera setelahnya.

Ini adalah kedua “lite” yang diluncurkan oleh Facebook setelah perusahaan merilis “Facebook Lite” aplikasi untuk orang-orang yang smartphonenya tidak cukup mampu untuk menjalankan versi penuh dari aplikasi-aplikasi. Banyak yang meragukan akan ada versi iOS dari aplikasi Messenger Lite semenjak Android menjadi raja di pasar-pasar berkembang. Karna perangkat iOS seharusnya tidak memiliki kesulitan dalam menjalankan versi standar Messenger.