Fitur-fitur Baru WhatsApp, Yang Meluncur Pada 2017 !

0
940
whatsapp
[email protected]

Fitur-fitur Baru WhatsApp, Yang Dihadirkan pada 2017 !

Eratekno.com – Walau memegang predikat yakni layanan pesan instan terbesar didunia, yang memiliki jumlah pelanggan lebih dari 1,2 miliar, WhatsApp yang tak berhenti begitu

saja. Dalam kurun tahun 2017 saja, perusahaan terbesar milik Facebook tersebut telah menelurkan lebih dari 10 fitur baru untuk aplikasinya di berbagai platform.

Baca Juga : Cara Tambah Fitur Keamanan pada WhatsApp !

Berikut beberapa daftar fitur WhatsApp sepanjang tahun 2017

Hapus pesan salah kirim

Setelah sekian lama, akhirnya fitur tersebut muncul juga fitur penghapusan pesan yang salah kirim yang hadir di WhatsApp pada Oktober 2017.

whatsapp
[email protected]

Bentuknya berupa opsi ‘delete for eveyone’ untuk pesan yang muncul saat pengguna meng-klik icon tong sampah pada bagian atas dari jendela aplikasi.

Kemudian pesan yang dihapus akan diganti dengan tulisan ‘this message was deleted’, untuk memberitahu kepada penerima jika pesan sempat terkirim, namun kemudian dihapus.

Lacal lokasi teman

Fitur ‘share loc’ berfungsi untuk berbagi lokasi yang dikembangkan dengan adanya kehadiran opsi bernama “Live Location” yang dapat digunakan untuk memantau lokasi teman secara real time, misal sedang menunggu kedatangan ketika janjian.

whatsapp
[email protected]

Dengan bermacam durasi yang dapat diatur mulai dari 15 menit hingga berjam-jam, tergantung keperluan. Cara mengaksesnya, klik tomnol attachment (bergambar paper clip) pada kolom pesan, kemudian pilih “Share Live Location”.

Baca Juga : Melanggar Kebebasan, WhatsApp Diminta Stop Berbagi Data Pengguna dengan Facebook !

Verifikasi dua langkah

Aspek sekuriti yang tidak lepas dari perhatan WhatsApp. Pada Februari 2017, layanan instan tersebut mulai menerapkan skema pengamanan dua langkah (two-step verification) fitur tersebut bersifat opsional bagi pengguna.

whatsapp
[email protected]

Verifikasi pertama dilakukan dengan cara mengirim kode lewat sms. Sementara verifikasi kedua berupa passcode 6 digit yang dibuat sendiri oleh pengguna, yang harus dimasukkan setiap kali mendaftarkan nomor telepon sebagai nomor kontark WhatsApp lagi.

Status ala Snapchat

Layaknya Instagram Stories yang meniru Snapchat, WhatsApp yang juga turut menghadirkan fitur “Status” berupa foto dan video pendek

whatsapp
[email protected]

yang dapat ditampilkan untuk dilihat oleh teman-teman kita. Video pendek atau bisa juga foto yang kemudian akan hilang setelah 24 jam.

Baca Juga : Fitur Baru Line, Pesan Terkirim Bisa Ditarik Seperti WhatsApp !