Kerjasama, Xiaomi Bakal Garap Oculus Go untuk Facebook

0
253
Copyright©Oculus

Meluncur Tahun Ini, Xiaomi Siap Garap Oculus Go Untuk Facebook

Eratekno.com – Baru-baru ini Facebook mengumumkan akan bekerja sama dengan Xiaomi untuk menggarap virtual reality (VR) headset terbaru Facebook yakni Oculus Go.

Pengumuman itu di ungkapkan langsung oleh VP VR Facebook, Hugo Barra yang juga merupakan mantan petinggi Xiaomi di ajang CES 2018 yang di gelar di Las Vegas, Amerika Serikat.

Di lansir dari The Verge pada Rabu (10/1/2017) headset ini akan di dukung dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 821. Nantinya, perusahaan asal Tiongkok itu juga membesut perangkat serupa khusus untuk pasar Tiongkok yang di beri nama Mi VR Standalone.

“Xiaomi merupakan rekan hardware kami untuk peluncuran Oculus Go secara global,” tutur Barra yang baru bergabung Facebook setahun lalu. Sayangnya, tak ada informasi detil mengenai jadwal rilis termasuk spesifikasi lain dari headset ini.

Baca juga: Mantan Petinggi Facebook Sebut Medsos Hancurkan Masyarakat, Benarkah ?

Akan tetapi, dalam keterangan dari blog resmi Ocukus, baik Oculus Go dan Mi VR Standalone memiliki spesifikasi dan desain yang sama. keduanya, juga mendukung Ocukus Mobile SDK yang memungkinkan pengembang Oculus untuk merilis konten untuk platform Mi VR di Tiongkok.

Facebook
Copyright©cnbc

Xiaomi nanti juga akan bekerja sama langsung dengan pengembang Oculus untuk melokalisasi sejumlah konten dari Oculus Store dan memboyongnya ke Mi VR Store. Langkah ini di ambil lantaran peraturan di Tiongkok mewajibkan perusahaan bekerja sama dengan perusahaan Tiongkok untuk memasarkan produknya di Negara Tirai Bambu tersebut.

Baca juga: Facebook Bakal Tutup Asisten Virtual Besutannya, Kenapa?

Sebagai informasi, keberadaan Oculus Go sejatnya telah di ungkap oleh Mark Zuckberg pada Oktober 2017. Saat itu, ia mengungkapkan headset ini akan tampil sebagai produk mandiri dan di banderol dngan harga US$199.

Meski tak mengatakan banyak hal, ia menyebut headset ini akan hadir pada awal 2018. Headset ini juga akan menjadi jembatan antara VR headset untuk mobile dan VR Headset berbasis computer.

Kala itu, Hugo Barra juga mengatakan, headset ini akan di bekali generasi terbaru dari lensa yang ada di Oculus Rift. Perangkat ini nantinya akan memiliki layar built-in yang menawarkan sudut pandang lebih luas dan gambar lebih tajam.

Oculus Go menawarkan cara lebih mudah bagi orang-orang untuk merasakan VR,” tutur Barra. Karena perangkat ini akan dibekali speaker, pengguna tak membutuhkan headphone saat memakainya.

Baca juga Facebook Siapkan Perangkat Video Chat Bernama Portal?