Amazon Jadi Nomor Satu, Ini 5 Perusahaan Teknologi Termahal di Dunia Tahun 2018

    0
    550
    amazon
    copyright©mr-mag

    5 Perusahaan Teknologi Termahal di Dunia Tahun Ini, Seperti Apa?

    Eratekno.com – Kali ini perusahaan konsultasi Brand Finance baru saja marilis daftar perusahaan teknologi dengan nilai merek paling mahal 2018. Ada sejumlah sejumlah indikator yang menjadikan perusahaan tersebut berilai merek termahal.

    Indikator yang menjadikanya mahal diantaranya investasi untuk marekting, investasi stakeholder dan performa bisnis. Perusahaan konsultasi Brand Finance memilih 500 merek dengan nilai paling mahal dan terbanyak berasal dari dunia teknologi.

    Baca juga : Semakin ‘Mesra’ Dengan Apple, iPhone Kabarnya Bakal Gunakan Chip Intel Tahun Ini

    Berikut ini lima perusahaan teknologi dengan nilai merek termahal di dunia :

    1. Amazon

    amazon
    [email protected]

    Nilai merek persuhaan ini nampak meroket 42 persen dibandingakan tahun lau. Cukup diketahui tahun lalu nilai merek Amazon ditaksir mencapai 150,8 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 2.037,8 triliun dan perusahaan ini saat itu berada di perungkat ketiga sebagai merek termahal. Perusahaan ini menggusur posisi Google yang sebelumnya betengger dipoisi puncak. Dari laporan yang ada, Amazon merupakan bisnis online terbesar jika diihat dari kapitalisasi pasar serta pendapatan dan perusahaan ini juga merambah bisnis infrastruktur cloud, elektronik serta musik hingga video streaming.

    2. Apple

    Apple
    Copyright©StartupHKI

    Perusahaan teknologi yang berbasis di Amerika Serikat (AS) itu menempati posisi kedua sebagai merek perusahaan termahal sejagad raya. Meskipun berada di nomor dua, namun nilai merek Apple naik 37 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai 146,3 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 1.977 triliun. Dari laporan yang ada, setidaknya dua pertiga pendapatan Apple berasal dari penjuala iPhone dan ini menjadi alasan perusahaan ini bertahan diposisi kedua sebagai merek termahal.

    3. Google

    Google
    Copyright©Kompas

    Pemuncak klasemen merek perusahaan termahal di dunia kini harus berpuas diri karena mereknya turun dibandingkan tahun lalu. Perusahaan internet yang berpusat di Mountain View, California ini harus puas berada diposiis ke 3 dengan nilai valuasi sebesar 120,9 miliar dollar AS atau setara denga Rp 1.633,7 triliun. Angka tersebut turun 10 persen dibandingkan tahun lalu dan nilai merek Google ini turun dikabarkan karena perusahaan tidak fokus pada sektor lain selain pencarian dan teknologi komputasi awan.

    Baca juga : Wajib Tau! Ini Dia 3 Penyebab Smartphone Meledak

    4. Samsung

    Samsung
    copyright©KoreaKini

    Bisa dikatakan perusahaan teknologi asal Korea Selatan ini mempunyai nilai merek yang cukup mahal yakni 92,3 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 1.247 triliun. angka tersebut naik sebesar 39 persen dibandingkan tahun 2017 kemarin. Tercatat tahun lalu Samsung berada diurutan keenam dan naiknya perusahaan ini ke posisi empat mengindikasikan kian mengukuhkan posisinya di dunia. Apalagi perusahaan kenaman negeri Gingseng itu rajin meluncurkan sejumlah produknya mulai dari smartphone Android Galaxy, tablet, televisi, home applicances, dan masih banyak lainnya.

    5. Facebook

    Facebook
    Copyright©Liputan6

    Layanan media sosial besutan Mark Zukerberg ini menjadi jejaring sosial terbesar didunia dan telah dipakai oleh lebih 2 miliar pengguna aktif bulanan. Facebook kini sudah berusia 14 tahun dan nilai mereknya ditaksir mencapai 89,7 miliar dollar AS atau setara dengan 1.212,1 triliun atau dengan nilai ini posisinya naik sebesar 45 persen dari tahun lau. Tahun lalu tercatat layanan sosial ini berada diurutan 9 dan tahun ini berada di urutan 5. Peningkatan ini diperkirakan disebabkan adanya dominasi pada konten digital yang ada di platform layanan tersebut.

    Baca juga : Vaunt Smart Glasses, Kacamata Pintar Intel Dengan Proyektor Laser