Google Assistant Hadir Di Ponsel Android Lawas !

0
621
google assist
[email protected]

Google Assistant Hadir Di Ponsel Android Lawas !

Eratekno.com – Aplikasi asisten digital besutan Google, yakni Google Asistant yang mulai dihadirkan di smartphone Android lawas.

Bila sebelumnya Google Asistant yang hanya diperuntukkan di smartphone dengan OS Android terbaru, namun kali ini smartphone dengan OS Android lawas juga bisa mencicipi Google Assistant.

Baca Juga : Distribusi Android Oreo Tak Semanis Namanya !

Perangkat dengan OS Android 5.0 Lollipop ke atas, seperti Xperia Z1, Samsung Galaxy Note 3 atau Asus Zenfone 2 sudah bisa dipergunakan untuk mengakses Google Asistant.

Bukan itu saja Google Assistant juga akan melakukan pembaruan untuk tablet yang berjalan dengan menggunakan OS Android 7.0 Nougat dan 6.0 Marshmallow.

Sayangnya, Google Asistant di Android lawas hanya baru meluncur di beberapa negara saja. Negara-negara tersebut yakni, Inggris, Amerika Serikat, Australia, Kanada dan Singapura.

google
[email protected]

Sedangkan untuk perangkat yang diatur dalam bahasa Spanyol di Amerika Serikat, Meksiko dan Spanyol, kabarnya juga akan mendapat pembaruan dari Google Asistant tersebut.

Baca Juga : Cara Mudah Mengunci Android Hanya dengan ‘Tuk-tuk’ !

Negara selanjutnya yang diberitakan juga akan mendapat pembaruan di Android lawasnya, seperti Jerman, Jepang, Brasil, Italia dan Korea Selatan.

Namun, nampaknya Google belum menyebut nama Indonesia dalam daftarnya. Tetapi perlu diketahui, Google Asistant untuk pemakaian dalam bahasa Indonesia baru secara resmi diluncurkan Agustus 2017 lalu.

Sementara Android Lollipop yang diluncurkan pada 2014 silam. Dilihat dari data distribusi Android dari Google, sebanyak 26 persen smartphone masih menggunakan Android Lollipop dan 30 persen lagi sudah menggunakan Android Marshmallow.

Sebelumnya, Google Asistant hanya didukung oleh smartphone dengan OS Android versi 6.0 ke atas. Google Asistant dapat diaktifkan melalui aplikasi Googl di smartphone,

dengan cara memilih menu (garis tiga bertumpuk) dan masuk ke settting. Sdibagian ‘Google Asistant’ ketuk Settings > Turn on.

Setelah pengaktifan selesai, pengguna baru bisa memulai percakapan atau mengajukan pertanyaan dengan berkata “OK Google” atau “Hey Google” .

selanjutnya, anda bisa mencoba untuk memanggil sebuah aplikasi yang lain, atau memanggil kontak dalam list anda, sekedar mencobanya.

Baca Juga : 4 Aplikasi Terlarang di Android, Yang Paling Diincar !