Google Bantah Aplikasi Maps-nya Sudah Masuk ke Tiongkok

0
407
Google Maps
copyright©Lifewire

Aplikasi Google Maps Masih Belum Diberikan Izin di Tiongkok

ERATEKNO – Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwa semua layanan dari Luar Tiongkok yang ingin dipasarkan di wilayah tersebut harus melalui tahap proses yang sangat rumit terlebih dahulu. Ketika sudah berhasil melewati semua proses tersebut, terkadang developer masih belum merasa aman karena banyaknya ketentuan yang harus diterapkan untuk mempertahankan layanannya di Tiongkok.

Salah satu contohnya saja yakni sang raksasa Internet yang masih belum berhasil untuk memasukkan aplikasi Google Maps di Negara tersebut. Memang beberapa hari kemarin ada informasi yang menyebutkan bahwa aplikasi petunjuk arah ini sudah bisa dinikmati di wilayah tersebut.

Simak Nih: Cara Transfer Poin Telkomsel Ke Nomor Lain!

Akan tetapi setelah mendengar kabar tersebut, pihak Google telah menegaskan bahwa masih belum ada perubahan dalam platform pemetaannya di Tiongkok.

Google Maps
copyright©Lifewire

Nikkei yang merupakan salah satu media asal Jepang telah melaporkan bahwa pihak Google saat ini tengah menyiapkan versi khusus situs web Maps untuk wilayah Tiongkok setelah selama kurang lebih 8 tahun absen. Terlebih lagi, perusahaan yang merajai Dunia Maya ini juga disebut-sebut akan umumkan aplikasi peta untuk para pengguna Smartphone iPhone di Negara tersebut.

Dengan adanya laporan ini, pihak Google membantah dan menjelaskan bahwa untuk versi situs web Google Maps memang sudah tersedia di Tiongkok sejak beberapa tahun yang lalu, akan tetapi untuk saat ini masih belum ada rencana meriliskann versi aplikasinya.

Ketahui Yuk: Vivo X20 Plus UD Sudah Sampai di TENNA dengan Spesifikasi Andalannya

Menurut laporan dari Reuters, Google Maps memang bisa diakses hanya melalui aplikasi browser yang ada di PC maupun Mobile dengan beberapa fungsi tertentu. Akan tetapi tidak ada aplikasi Google Maps yang tersedia di toko aplikasi Tiongkok.

Beda hal-nya dengan informasi yang dikabarkan oleh Nikkei, media asal Jepang ini telah memberikan informasi bahwa ada beberapa pengguna yang berhasil untuk mendapatkan akses ke aplikasi Google Maps.

Namun sayangnya, ketika mereka hendak menggunakan berbagai fitur seperti Navigasi, pengguna tersebut malah langsung dialihkan secara otomatis ke aplikasi yang bernama AutoNavi. Aplikasi ini sendiri merupakan perusahaan pemetaan milik Alibaba Group Holding.

baca juga: Awasi Anak! Ini Dia Cara Aktifkan Parental Control di Play Store