Aktifitas Pengguna Dapat Terpantau Dengan Fitur Project Facebook, Seperi Apa?

0
283
Facebook
[email protected]

Project di Facebook, Fitur Melacak Aktivitas Pengguna Saat Menggunakan Internet

Eratekno.com – Makin banyak terhubung dengan internet, maka aktifitas seorang pengguna akan mudah dipantau. Ungkapan tersebut sepertinya cocok lantaran ativitas online pengguna merupakan salah satu data sangat bernilai baik untuk pribadi maupun untuk suatu perusahaan.

Perusahaan tentunya ingin mengerti kebiasan pengguna demi menciptakan iklan yang lebih tepat sasaran. Akan tetapi dari sejumlah kasus, fitur aktivitas pengguna ini tak diumumkan secara publik. Laporan baru-baru ini menyebut jika aplikasi mobile Facebook ternyata memiliki fitur ‘Project’ yang memungkinkannya melacak aktivitas pengguna ketika memakai Facebook.

Baca juga : Ada Yang Baru Nih, Sekarang Bisa Transfer Uang Lewat WhatsApp Payment Lho

Fitur ini mulanya bernama Onavo Protect atau sebuah klien VPN yang diakusisi oleh perusahaan besutan Mark Zukerberg pada tahun 2013. Namun protect menjadi fitur tersediri yang dapat ditemukan di menu Navigasi dan fitur ini juga ditemuka di aplikasi Facebook yang terpasang di iOS maupun Android.

Cukup diketahui jika fitur ini sebenarnya tak bermaksud untuk membeberkan privasi penggunanya. Fitur ini hanya berupaya memperingatkan pengguna atas situs web jahat serta menyimpan informasi seperti rekening bank dan nomor kartu kredir dengan aman ketika pengguna tengah menggunakan internet.

Facebook
[email protected]

Namun meskipun begitu, Facebook sendiri membeli Onavo Protect ini bukan karena proteksi keamanannya. Bahkan bukan hanya mengamankan, namun belakangan ini diketahui jika fitur ini juga memonitor aktvitas pengguna. Dengan demikian Facebook pun bisa mendpatakan informasi tren baru pada ekosistem perangkat mobile.

Salah satu contohnya seperti FB mengetahui aplikasi apa saja yang populer di kalangan pengguna dan masih banyak lainnya. Data tersebut tentunya cukup memantu salah satunya dalam berkompetisi dengan Snapchat yang tak lain merupakan pesaing terdekatnya.

Baca juga : Amazon Jadi Nomor Satu, Ini 5 Perusahaan Teknologi Termahal di Dunia Tahun 2018

Keuntungan yang didapat misalnya saja Facebook merilis fitur stories yang mirip dengan salah satu fitur Snapchat. Diketahui jika Onavo sendiri memiiki 33 juta pengguna baik di iOS maupun Android. Sekitar 62 persen pengguna merupakan pengguna Android, maka dari itu Facebook berinisiatif mengahadirkan fitur Project ini.

Baik Onavo maupun Facebook mengaku jika layanannya ini bertujuan untuk meningkatkan produk dan layanan mereka serta membangun pengalaman pengguna yang lebih baik. Namun hingga kini belum diketahui apakah pengguna mengetahui jika Onavo memberikan data-data dan informasi aktivitas mereka.

Baca juga : Ngeri.. Ini Dia Software yang Dapat Prediksi Kematian Buatan Ilmuwan Amerika Serikat