Cek di Sini, 4 Ciri Browser Kamu Terjangkit Virus Malware !

0
469
browser
[email protected]

Berikut, 4 Ciri Browser Kamu Terjangkit Virus Malware !

Eratekno.com – Virus alias malware tidak hanya menyerang program komputer saja, namun juga peramban atau browser.

Lalu, darimana pengguna dapat mengetahui jika web browser mereka telah terjangkit virus atau malware ?

browser
[email protected]

Baca juga : Cara Mudah Mengunci Android Hanya dengan ‘Tuk-tuk’ !

Berikut ini ciri browser yang kamu gunakan terjangkit virus malware.

Laman Muka pada Browser Berganti Jadi Situs Lain

Setiap web browser pasti akan memberikan tampilan yang berbeda sesuai dengan penyedianya. Seperti ketika pengguna membuka Google Chrome, yang dilihat pertama yakni laman muka pencarian Google.

Tetapi jika tercapat malware yang menyerang browser, bisa jadi salah satu tandanya dengan adanya perubahan tampilan awal browser.

Biasanya malware atau virus semacam ini lebih sering menyerang peramban saat pengguna mengunduh konten, video, aplikasi, musik dan berbagai fil lain dari situs yang tidak bisa dipercaya.

Muncul Tab baru secara Massal

Pengguna internet seringkali mencari informasi melalui aplikasi browser mereka. Mungkin pernah dari pengguna yang ketika mengklik suatu teks

atau gambar yang secara otomatis akan mengarahkan ke berbagai situs yang lain, yang membuka tab-tab baru secara massal ?

Sedangkan link tersebut yang keluar di tab-tab baru tidak ada hubungannya dengan yang dicari. Itu bisa jadi tanda malware berupaya menyerang web browser kamu.

Tujuannya yakni agar pengguna masuk ke situs tersebut. yang lebih parah lagi, link itu bisa membuat pengguna mengunduh program aplikasi secara otomatis.

Baca juga : Smarthphone Tidak Bisa Dicas ? Begini Caranya Atasinya !

Loading Situs atau Website Jadi Lemot

Ketika pengguna sedang melakukan pencarian, kadang loading website berjalan sangat lama. Namun bila koneksi internet bermasalah, hal tersebut sangatlah wajar.

Tetapi jika tidak, lebih baik pengguna menginstal ulang aplikasi web browser yang baru untuk memastikan peramban tersebut aman.

Banyak iklan yang muncul tak beraturan

Iklan secara umum bisa muncul disetiap website yang kita kunjungi, dikarenakan website mendapatkan keuntungan dari iklan-iklan yang muncul.

Tetapi, jika salah satu iklan yang tampil di website yang muncul berbeda dengan konten yang ada di website alias iklan palsu.

Iklan palsu yang berasal dari aplikasi advertising secara diam-diam, tanpa disadari pengguna yang telah ter-install pada browser penggung, virus ini dikenal dengan nama AdWare.

Baca juga : Para Ahli Alibaba, Temukan Cara Bobol iOS 11.2.1 di iPhone X !