Jawab Keluhan Pemain Game Mobile Legends, Telkomsel Sebut Lag Bukan Karena Jaringannya

0
2883
Telkomsel
[email protected]

Telkomsel Jawab Keluhan Pemain Game ‘Mobile Legends’, Apa Penyebab Lag Sebenarnya?

Eratekno.com – Seperti kita ketahui jika saat ini pengguna perangkat mobile tengah terhipnotis dengan game online. Namun ternyata dengan itu membawa keuntungan tersendiri untuk operator layanan internet, salah satunya Telkomsel.

Mereka meyebut jika game online menjadi salah satu andalan dalam menggenjot pendapatan dari layanan data. Diketahui jika salah satu platform yang didukung telkomsel ialah Arena of Valor (AoV), game dengan gendre muliplayer online battle arena (MOBA).

Baca juga :  Final Liga Mobile Legends, 8 Tim Terbaik ini Siap Rebutkan hadiah Ratusan Juta !

Akan tetapi ditengah-tengah melesatnya penggunaan layanan data, muncul suara sumbang dari salah satu game berganre MOBA lainnya yakni Mobile Legends. Mereka menyebut jika Telkomsel berlaku tak adil. Kenpa begitu ya?

Gim tersebut mengatakan jika salah satu layanan terbesar di Indonesia tersebut dianggap tak adil dalam memberikan kualitas layanan data bagi pemain game Mobile Legends. Sontak hal ini langsung ditanggapi oleh VP ICT Netrwork Management Telkomsel Area Jabodetabek Jabar, Juanita Erawati.

Telkomsel
[email protected]

Dia mengatakan jika selama ini tidak ada perlakukan khusus dari pihaknya untuk satu game dan semua game mendapatkan perlakuan yang sama. ‘Telkomsel tak pernah mencekek nyekek (mencekik bandwith). Namun semua juga tergantung dari kapasitas network, jika kapasitas kurang ya semuanya (game obline) akan terkena dampaknya yakni melambat’ ujarnya saat ditemui dalam acara jumpa persi di Bali pada Selasa, 20 Maret 2018.

Selain itu pihak Telkomsel pun juga menaggapi keluhan lag yang kerap kali dialami oleh para pemain Mobile Legends. Sebelumnya layanan memang mendapat keluhan dari sebagian pemain Mobile Legend terkait permainan yang berhenti tiba-tiba atau nge-lag. Namun setelah diinvestigasi, ternyata penyebab lag itu bukan karena jaringan Telkomsel, melainkan dari layanan gim itu sendiri.

Baca juga : Clash of Clans Mulai Sepi Pemain, Benarkah Itu Gara-Gara Mobile Legends?

Mobile Legends sendiri diketahui mengggunakan alamat IP (internet protocol) yang sifatnya dinamis dalam jaringan dan IP yang dipakai oleh Telkomsel sendiri bersifat statis. Dinamis pun berubah-ubah dan pada saat berganti IP itulah pemain Mobile Legends akan merasakan lag. Hal itu disebakan koneksi internet terputus sebentar, lalu kemudian tak berselang lama terhubung kembali dengan IP baru.

Oleh sebab itu guna memberikan layanan terbaik untuk pengguna data, Telkomsel pun akhirnya menngadakan kampanye True Conex (True Costumer Oriented Network Experience). Dikatakan oleh Juanita jika pihaknya melakukan perbaikan kualitas bukan berdasarkan sejumlah survei, melainkan benar-benar memantau pelanggannya.

Sekedar informasi, proyek semacam ini sendiri sebetulnya telah dimulai sejak tahun 2015 dengan kampanye berjudul True Broadband Experience (Trubex) serta tahun 2016 dengan Beyond Trubex. Sedangkan pada tahun 2018 ini, Telkomsel mengaku akan fokus pada pengalaman pelanggan dan mereka mulai men-tracking data-data dari penyedia layanan uji sinyal seluler seperti Ookla dan Open Signal. Dengan begitu mereka pun berharap dapat meningkatkan kualitas jaringan di sejumlah lokasi yang dinilai masih kurang.

Baca juga : Pesan Berantai, Kemendikbud Larang Anak-Anak Mainkan Mobile Legends?