Angka Penggunaan Windows 10 Akhirnya Kalahkan Windows 7, Seperti Apa?

0
329
windows 10
copyright©tribun style

Woow, Windows 10 Akhirnya Bisa Salip Windows 7 Lho

Eratekno.com – Seperti diketahui jika Microsoft kala itu menghadirkan Windows 10 pertengahan tahun 2015. Sejak perilisan tersebut nampak jika sistem operasi terbaru tersebut terus berada di bawah pendahulunya yang nampak lebih populer yakni Windows 7.

Akan tetapi hal tersebut sepertinya sudah berubah tahun ini atau lebih tepatnya bulan Januari 2018 lalu. Dari laporan perusahaa analisis Web Strcounter menyebut jika sistem operasi Windows terbaru tersebut mengawali tahun ini dengan menguasai 42,78 persen sistem operasi dekstop Windows secara global.

Sedangkan pendahulunya yakni sistem operasi Windows 7 mencatat market share sebanyak 41,86 persen. Dengan demikian untuk pertama kainya Windows populer tersebut dilewati oleh Windows 10 yang notabennya baru diluncurkan. Tercatat pangsa pasar Windows 7 turun sebesar 0,03 persen dari angka 41,89 persen di bulan Desemeber 2017.

Baca juga :  Microsoft Garap Polaris, Sistem Operasi Windows 10 Pesaing Chrome dan iOS !

Sementara itu pangsa pasar Windows 10 justru naik 1,09 persen dari 41.69 persen. Nampak dengan catatan tersebut keduanya terpaut jarak 1 persen. Cukup diketahui Microsoft sendiri tak hanya meluncurkan dua sistem operasinya, namun ada satu lagi sistem operasi yang diluncurkan saat itu yakni Windows 8.1.

windows 10
copyright©malangstyle

Windows 8.1 sendiri dirilis diantara atau tengah-tengah perilisan Windows 7 dan Windows 10. Namun sistem operasi ini terlihat jeblok perolehan presentase pengunaannya yakni tercatat market share hanya 8,72 persen. Namun catatan berbeda juga ditampilkan oleh StarCounter serta data firma analis lainnya.

Seperti yang ditunjukan oleh Net Application yakni mengatakan jika populasi Windows 7 masih lebih unggul dengan angka 44,81 persen dibandingkan Windows 10 yang memperoleh angka 28,19 persen. Sedangkan Windows 8.1 masih berada di urutan paling buncit yakni uurtan ketiga dengan perolehan angka 6.41 persen.

Cukup diketahui jika perbedaan antara dua firma data itu dikarenakan oleh cara pengumpulan data yang dilakukan. Untuk Starcounter mengukur sistem operasi perangkat yang mengunjungi situs-situs jejaringnya. Dengan begitu, penghitungan presentase dilihat dari platform yang paling banyak digunakan dalam hal kunjungan ke situs.

Baca juga :  Microsoft ‘Stop’ Dukungan Untuk OS Windows 8.1, Kenapa?

Kemudian untuk Net Applications sendiri menghitung user market share atau platform mana yang memiliki lebih banya pengguna. Namun diluar perbedaan tersebut, Microsoft bisa dikatakan berhasil menjalankan strategi yakni dengan menggenjot Windows 10 dengan menawarkan upgrade gratis dari Windows 7 dan Windows 8.1.

Saat itu Microsoft sendiri sempat menargetkan jika sistem operasi tersebut akan terpasaag di satu miliar perangkat dalam kuurn waktu tiga tahun sejak perilisan. Akan tetapi target tersebut terlalu ambisius dan akhirnya direvisi tahun 2016. Dari data terbabru pada November 2017 menyebut jika Windows 10 telah terpasang di 600 juta perangkat aktif mulai dari PC dekstop, tablet, konsol, game Xbox One, headset HoloLens serta perangkat Surface Hub.

Baca juga :  Microsoft Outsourcing Dukungan Layanan Pelanggan Global untuk Fitur Ponsel dan Lumia Smartphone