Action Cam Teranyar besutan Nikon Pesaing Gopro & akan Incar Vlogger

keymissionERATEKNO.COM. Kamera aksi terbaru besutan Nikon yaitu Keymission 360 yang diluncurkan di ajang Photokina 2016 di Cologne, Jerman. Dan yang pertama dipamerkan di ajang CES januari lalu. Kamera itu adalah keymission 170 yang merupakan kamera mirip Gopro, dan yang kedua Keymission 80 yang dicocokkan untuk para Vlogger. Keymission 170 dan Keymission 80 baru akan dijual pada oktober mendatang bersamaan dengan Keymission 360.

Keymission 360 sudah diluncurkan pada Januari lalu di ajang CES 2016, namun pihak Nikon tidak banyak memberikan informasi banyak mengenai kamera aksi ini. Dan pada ajang Photokina 2016 Nikon terungkap bahwa kamera ini memiliki dua sensor-satu 20MP di setiap sisi-yang menangkap dunia di 360 ° melalui  f/ 2.0 lensa. Ini mampu menembak kedua 1080p dan rekaman 4K UHD, otomatis jahitan dua pandangan bersama dalam kamera sehingga tidak harus melakukan pekerjaan apapun di posting.  Photo-wise, dapat menembak 30MP 360 ° stills, dan fitur mode untuk “Superlapse,” “Time-Lapse,” dan “loop Film” untuk menghasilkan gambar yang lebih bagus.  KeyMission 360 tanpa menggunakan casing sudah anti air sampai kedalaman 30 meter, serta tahan banting sampai ketinggian 2 meter dan beku atau bersuhu ekstrem sampai -10°C (14 ° F).  Action cam ini dibanderol sebesar $499 atau sekitar 6,5 jutaan.

Sementara Nikon KeyMission 170 disebut sebagai pesaing Gopro Hero5 Black. Dengan faktor kemiripan seperti GoPro, ia menawarkan 170° bidang pandang melalui sensor 8.3MP CMOS dan 2.8 mampu menangkap rekaman 4K UHD, yang dapat melihat dan mengontrol dari LCD di bagian belakang. Ia juga memiliki “Electronic Vibration Reduction” dan Sorot Tagging, slowmotion, timelapse, dan loop recording. Dibagian luar KeyMission 170 sudah anti air sampai kedalaman 10 meter, shockproof dari 2 meter, dan beku sampai -10°C (14° F). action cam ini dibanderol sebesar $399 atau sekitar  5 jutaan.

Dan yang terakhir adalah Keymission 80, yaitu sebuah kamera mini yang terlihat seperti evolusi dari kamera flip tua, dan seperti namanya hanya memiliki bidang pandang 80 derajat. Meskipun mini seukuran korek api tapi mempunyai kamera depan belakang. Kamera depannya menggunakan sensor CMOS 12 MP dengan lensa f/2,0 dan kamera belakangnya memiliki sensor 5 MP dengan lensa f/2,2.

Tiga kamera besutan Nikon ini dapat menggunakan Software Snapbridge Nikon yang tersedia IOS dan Android, menggunakan Bluetooth dan Wifi. Dengan segala kemudahan tersebut, ketiganya bisa selalu terkoneksi ke ponsel untuk mengirim foto dan video, maupun mengontrol kamera dari jarak jauh.