Alasan Jaringan 5G Wajib Ditunggu!

0
2100
Copyright©merdeka

Apa Sebenarnya Alasan Jaringan 5G Wajib Ditunggu Kehadirannya?

Eratekno.com – Belakangan ini pengembangan jaringan 5G memang tengah di lakukan. Jaringan 5G sendiri tak hanya mendatangkan berbagai kemudahan dalam kehidupan, akan tetapi juga di prediksi meningkatkan ekonomi.

Berdasarkan hasil studi ‘The 5G Economy’ yang di gagas oleh Qualcomm dan di laksanakan oleh berbagai perusahaan riset, rantai nilai (value chain) 5G di seluruh dunia akan menghasilkan pendapatan hingga US$ 3,5 triliun atau setara dengan Rp 46,7 trilun pada tahun 2035 mendatang.

Tak hanya itu saja, masih dalam riset yang sama, jaringan 5G akan membuka 22 juta lapangan pekerjaan. Jaringan 5G juga memungkinkan terciptanya distribusi barang dan jasa berskala global yang bernilai hingga US$ 12,3 triliun pada tahun yang sama.

Baca juga: Akhir Tahun Jadi Pengantar Jaringan 5G!

Kepala Riset dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementrian Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar mengatakan implementasi teknologi 5G adalah suatu keniscayaan yang tidak bisa di hindari. Penggunaan teknologi ini dapat mengubah gaya hidup tidak hanya bagi konsumen tapi juga industri.

Hal itu lantaran selain memberikan kecepatan transfer data dengan kapasitas yang lebih besar, 5G juga menawarkan latensi yang sangat rendah dan jangkauan yang lebih luas. Dengan demikian, ini sangat cocok di terapkan untuk menyelesaikan tugas yang memerlukan ketepatan dan kestabilan koneksi tinggi.

“Yang terpenting saat ini untuk kita lakukan bersama adalah mempersiapkan konsolidasi operator sehingga sumber daya frekuensi yang terbatas dapat digunakan semaksimal mungkin untuk kepentingan publik,” kata Basuki, 6 Januari 2018 di kutip dari Tempo.

[email protected]

Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia, Kristiono melihat potensi besar yang dapat di tawarkan oleh implementasi 5G, baik bagi konsumen maupun ekonomi global. Untuk itu penting bagi Indonesia untuk sedini mungkin mempersiapkan diri menyambut era 5G ini. “ Indonesia seharusnya tidak hanya sekadar pasar dan pengguna teknologi ini” katanya.

     Baca juga Fitur Ini yang Bisa Dinikmati Bila Teknologi 5G Rilis di Indonesia