Apple Bakal Tutup Layanan Download Musik?

0
1411
Copyright©hariannasional

Penggemar Musik , Apple Akan Tutup Layanan Download Musik?

Eratekno.com – Untuk kamu penggemar music, sudah bersiap untuk kehilangan music dengan format MP3? Sudah siap menyingkirkan iPod milik kamu atau music player lainnya? Ada baiknya kamu mulai membiasakan diri untuk tidak lagi bergantung pada download untuk mendengarkan lagu-lagu kesayangan.

Mulai sekarang untuk kamu yang suka mengunduh music entah gratis maupun berbayar, harus bisa mempersiapkan diri. Pasalnya Apple akan memukai proses untuk menghilangkan layanan music download miliknya.

Romur itu di ungkap oleh lama Digital Music News yang yang di kutip dari Techradar pada Selasa (9/1/2018).

Baca juga: Smartphone Flagship, Huawei P10 Bakal Dapat Program Beta Android Oreo

Sumber DMN di Apple mengatakan jika perusahaan sudah memiliki strategi bertahap untuk menutup layanan download miliknya di iTunes. Bahkan strategi ini di nilai sebagai cara ampuh untuk menyingkirkan iTunes music download dalam kurun satu sampai dua tahun ke depan.

Menurut pihak Apple, layanan download music ini di anggap tak lagi mengguntungkan seiring dengan pamor music streaming yang sedang tren. Beberapa music streaming yang naik di antaranya adalah Spotify, Deezer, Apple Music, Rhapsody, Youtube, sampai Tidal.

Data dari Nielsen Music US menyebutkan pada pertengahan tahun 2017 penghasilan dari pasar music download sangat kecil di bandingkan streaming. Layanan itu mencapai 184 miliar streaming di Amerika saja pada periode tersebut. angka ini juga menunjukkan peningkatan 62,4 persen di banding pertengahan tahun 2016.

Baca juga: Facebook Bakal Tutup Asisten Virtual Besutannya, Kenapa?

Apple
Copyright©StartupHKI

“Pertengahan 2017 kami melihat adanya benchmark baru yang luar biasa di industri musik. Adopsi platform streaming yang meningkat oleh konsumen menunjukkan adanya skala dalam industri yang belum pernah kita lihat sebelumnya,” ujar David Bakula, SVP of Music Industri Insight di Nielsen.

Menariknya, Bakula melihat di data Nielsen adanya penurunan 18,3 persen dari layanan download album music dan kemrosotan sebesar 24 persen dari layanan download lagu digital.

“Pasar download mulai terganggu. Padahal lima tahun lalu kontribusi download mencapai 70 persen dari revenue musik digital, sedangkan streaming hanya 18 persen. Sekarang rasio itu berbalik,” ujar Sergey Buldov, SVP Media dan Entertainment dari DataArt.

Dengan data-data yang di paparkan Bakula dan Buldov bisa menjadi peringatan awal bagi penggemar music untuk bersiap-siap membiasakan diri mendengar music dengan cara streaming.

Baca juga Mendadak Naik Panggung, Hugo Barra Perkenalkan Gadget Buatan Xiaomi !