Apple Untung Rp 2 Juta, Tiap Jual 1 iPhone !

0
3555
iphone 121
[email protected]

Keuntungan Apple Tiap Jual 1 iPhone, Rp 2 Juta !

Eratekno.com – Setiap penjualan satu unit iPhone, Apple meraih profit rata-rata 151 dollar AS atau sekitar Rp 2 jutaan. Angka tersebut hampir 5 kali lipat jika dibanding dengan profit yang diperoleh vendor Samsung, ketika menjual satu buah unit smartphone Galaxy.

Menurut Firma penelitian Counterpoint, Samsung hanya mengambil keuntungan rata-rata 31 dollar AS atau setara Rp 428.000-an untuk setiap penjualan unit smartphone-nya.

Baca Juga : Apple iPhone X Berhasil Pengaruhi Pengguna Android untuk Beralih ke iOS

Angka tersebut mengarah pada analisa pasar selama periode Juli sampai September 2017. Selain Apple dan Samsung, Counterpoint yang menganalisa profit penjualan per unit dari pabrikan China semacam Oppo,  Huawei, Vivo dan Xiaomi.

Profit penjualan per unit Apple lima kali lebih tinggi dari Samsung dan sekitar 14 kali lebih tinggi dari rata-rata profit brand China,” begitu tertera pada laporan Counterpoint.

Copyright©Youtube

Huawei, Vivo dan Oppo yang secara berurutan juga mengambil keuntungan rata-rata 15 dollar AS (202.000-an), 14 dollar AS (Rp 189.000-an) dan 13 dollar AS (Rp 175.000-an), dalam setiap penjualan satu unit smartphone.

Sedangkan untuk Xiaomi yang mengambil keuntungan paling kecil, yaitu sekitar hanya 2 dollar AS atau setara Rp 27.000-an per unit smartphone.

Hal tersebut tidak terlalu heran lantaran pabrikan yang dipimpin oleh Lei Jun tersebut yang selalu menawarkan harga perangkat yang dibawah pasar.

Baca Juga : Gara-Gara Bikin Lemot iPhone Lawas, Apple Digugat !

Namun secara keseluruhan, profit yang diperoleh dari pabrikan smartphone pada periode Juli sampai dengan September 2017 terbilang meningkat 13 persen dari tahun ke tahun.

Sementara dari total keseluruhan yang dihitung, Apple yang meraup keuntungan 60 persen sendiri.

Lalu Samsung yang merupakan vendor smartphone terbesar di dunia yang menduduki posisi kekdua dari daftar vendor dengan perolehan profit terbesar, yaitu sebesar 26 persen. Disusul dibawahnya ada Huawei yang memperoleh profit sebesar 4,9 persen.

Sedangkan untuk pabrikan China seperti Oppo, Huawei, Vivo dan Xiaomi yang menyentuh di angka 1,5 miliar dollar AS (Rp 20 triliun) selama tiga bulan. Seperti yang dikutip , Jumat (29/12/2017) dari GadgetsNow.

Baca Juga : Ini Alasan Apple Sengaja Bikin iPhone Lawas Jadi Lemot !