Awas Bahaya, Ternyata Makin Besar Layar Ponsel Justru Pengguna Makin Lama Menatapnya !

0
370
smartphone
[email protected]

Makin Besar Layar Ponsel, Makin Lama Pengguna Tatap Layar !

Eratekno.com – Sebuah lembaga riset yang tengah melakukan penelitian kepada para pengguna smartphone. Dari hasil riset tersebut terlihat jika pengguna smartphone ternyata mempunyai kecenderungan lebih betah berlama-lama untuk melihat ponsel dengan layar besar.

Baca Juga : Terus Berbenah, News Feed Facebook Bakal Prioritaskan Berita Lokal

Penelitian tersebut dilakukan oleh lembaga riset AppOptix yang dilakukan sepanjang tahun 2017 yang telah melibatkan sekitar 4.000 pengguna smartphone. Dalam studi tersebut yang telah membagi jenis-jenis ponsel berdasarkan ukuran layarnya yang dibagi menjadi empat kategori.

[email protected]

Untu kateori yang pertama yakni ponsel yang memiliki ukuran layar yang kurang dari 4,6 inci. Sedangkan untuk kategor I dua ialah ponsel dengan layar berukuran antara 4,5 sampai 5 inci. Kemudian untuk kategori ketiga yakni ponsel yang memiliki layar antara 5 inci sampai dengan 5,5 inci dan yang terakhir kategori untuk smartphone yang memiliki ukuran layar diatas 5,5 inci.

Baca Juga : Wow… Ini Dia 5 Smartphone Termahal di Dunia Tahun 2018 dengan Harga Selangit

Dalam sebuah riset tersebut ada tiga atribut penting yang bakal diuji, dimana angka penggunaan harian (daily session), jumlah menit per hati dan jumlah data yang digunakan setiap harinya. Sehingga didapat surveri yang memperlihatkan dimana semakin besar ukuran layar, maka semakin besar juga jumlah konsumsi dalam atribut-atribut yang diuji.

Seperti yang dilansir oleh KompasTekno dari Slashgear, Minggu (25/3/2018), riset tersebut yang menunjukkan jika para pengguna yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menggunakan perangkatnya untuk komunikasi dan bersosialisasi yang disusul untuk bermain video games dan berselanjar di dunia maya.

Di tahun 2018, diperkirakan tingkat akan konsumsi pemaian dan penggunaak smartphone dengan layar besar bakal terus meningkat. Bisa jadi, penelitian dapat menjadi acuan bagi para produsen smartphone untuk kembali mempertimbangkan ukuran layar ponsel yang bakal mereka buat.

Jika kita perhatikan, sejauh ini ukuran layar kian “membesar” dari tahun ke tahun. Sejak pertama kali smartphone Android meluncur dengan hanya memiliki ukuran layar sebesar 3,2 inci, dimana sebuah tren ditiap tahun yang menjadikan ukuranlayar terus berkembang.

Baca Juga : Ingin Bikin Kejutan, Samsung Diam-diam Perkenalkan Galaxy J7 Prime 2 ?