Awas! Ini Dia Bahaya Dengarkan Musik Dengan Earphone

0
673
copyright©

Bahaya Dengarkan Musik Dengan Earphone Juga Bisa Sebabkan Tuli Permanen Lho!

Eratekno.com –  Musik merupakan salah satu pelengkap hidup sebagian orang, dimana manusia tidak akan bisa hidup tanpa music. Music lah yang menemani manusia dikala mereka melakukan pekerjaan, belajar bahkan olahraga dan aktivitas lainnya.

Dan tentunya bagi sejumlah orang akan lebih asyik lagi jika mendengarkan music menggunakan earphone karena music itu akan didengarkan sendiri. Namun, tahukan kamu bahwa mendengarkan music dengan earphone ini juga berbahaya bagi telinga?

Nah, sebaiknya untuk kamu yang suka mendengarkan music dengan earphone bisa simak Bahaya Dengarkan Musik Dengan Earphone di bawah ini, agar kamu akan lebih waspada.

Baca Juga : Jangan Lakukan! Ini Bahaya Gunakan Gadget Sebelum Tidur!

Bahaya Dengarkan Musik Dengan Earphone bagi Telinga

  1. Menjadi Tempat Berkembangnya Bakteri
copyright©jalantikus

Perlu diketahui bahwa dalam earphone yang sering digunakan itu ternyata mengandung banyak bakteri di dalamnya. Sempat diketahui hasil penelitian medis Laryngscope bahwa bakteri yang berada dalam 20 headset di penerbangan komersial terdapat 60 mikroorganisme.

Namun, jumlah tersebut telah meningkat hingga 650 bakteri ketika digunakan setelah 1 jam. Hal ini disebabkan oleh karet bantalan earphone yang menyebabkan lingkungan telinga menjadi lembab sehingga menjadikan bakteri lebih mudah untuk berkembang biak.

  1. Potensi Penyakit dari Penggunaan Earphone
copyright©jalantikus

Dengan menggunakan earphone tentunya sesuatu yang ada di dalam telinga kita akan lebih terdorong ke dalam. Bahkan bisa membuat tumpukan kotoran telinga karena terjebak di dalam. Selain itu, dengan menggunakan earphone yang terlalu ke dalam akan menyebabkan pemblokiran proses keluarnya kotoran dari dalam telinga.

Baca Juga : Sering Bawa HP Ke Kamar Mandi, Ini Bahayanya!

Hal ini dapat menyebabkan pengguna lebih merasa tidak nyaman dan bahkan merasakan sakit, selain itu juga bisa membuat suara tidak bisa masuk hingga ke gendang telinga dan membuat pendengaran manusia hilang untuk sementara.

  1. Akibat Lebih Lanjut dari Earphone
copyright©jalantikus

Terkait hal ini, badan kesehatan dunia (WHO) juga memberikan pernyataan dengan mengatakan bahwa kemungkinan besar menggunakan earphone terlalu lama akan menyebabkan kerusakan pendengaran. Karena perlu diketahui bahwa MP3 Player dapat menghasilkan suara hingga 120 dB yang setara dengan suara gergaji listrik yang didengarkan dalam jarak kurang dari satu meter.

Terlebih lagi, jika kamu memasang bantalan earphone tidak sesuai dengan lubang telinga kamu sehingga kamu akan meningkatkan volume musiknya sehingga akan membuat gangguan pendengaran dengan merusak rambut halus yang tumbuh di atas sel-sel rambut di telinga dalam.

Selain itu, suara keras juga akan mengikis selubung myelin dari sel-sel saraf yang dapat menghalangi sinyal listrik dari telinga menuju otak. Sehingga, pada tingkat ini akan membuatmu merasakan sakit ketika mendengarkan music selama 1 jam 15 menit.

Dengan demikian, Bahaya Dengarkan Musik Dengan Earphone ini juga akan mengancam pendengaranmu dalam jangka panjang, entah itu di waktu tua atau malah lebih cepat dari seharusnya. Dengan begitu, kalian bisa pahami bahaya tersebut dan lebih lagi dalam menjaga kesehatan telinga.

Baca Juga : Awas,, 5 Risiko Berbahaya Pakai Smartphone dengan Layar Retak !