Benarkah Megapixel Faktor Utama Hasilkan Foto yang Bagus ? Simak Penjelasannya

0
421
[email protected]

Apakah Megapixel Kunci Utama Hasilkan Foto yang Bagus ? Ini Selengkapnya !

Eratekno.com – Kebanyakan orang memiliki anggapan jika semakin besar angka megapiksel pada kamera smartphone dapat menghasilkan foto yang bagus. Benarkah seperti itu ?

Mengenai bagus yang diartikan disini yakni secara kualitas, bukan melihat dari teknik fotografi. Dimana sejumlah vendor smartphone yang sering mengunggulkan nilai megapiksel pada kamera smartphone besutannya. Memang tidak salah, karena disamping digunakan sebagai alat komunikasi, smartphone juga sudah merupakan alat dokumentasi (foto/video) sebagai hiburan.

Baca Juga : Inilah 5 Cara Mudah, Untuk Mempercepat Pengisian Daya Smartphone Android !

Terlebih menonjolkan megapiksel pada kamera smartphone yang dipastikan bakal mempunyai ceruk pasar sendiri, khususnya untuk mereka yang gemar melakukan fotografi ataupun video blogger. Tetapi kembali lagi ke pertanyaan awal, apakah nilai megapiksel yang besar sudah sudah mampu untuk menghasilkan foto yang bagus ?

[email protected]

Misalnya, sebuah smartphone yang mempunyai kamera dengan resolusi 16 megapiksel lebih bagus kualitasnya daripada smartphone dengan kamera 12 megapiksel. Sebenarnya, banyak sekali komponen yang mendukung untuk menghasilkan sebuah foto , misalnya sensor, lensa dan juga prosesor. Oleh sebab itu untuk menghasilkan sebuah foto yang bagus, diperlukan juga komponen yang mumpuni untuk mengolah citra visual.

Baca Juga : 5 Smartphone Miliki Kamera Selfie 20MP dengan Harga Terjangkau ! Berminat ?

Sensor dan lensa yang berfungsi untuk mendapatkan cahaya. Lensa yang bagus mempunyai nilai diafragma kecil, yakni f/1.8, f/1.7 dan seterusnya. Dengan bukaan besar, maka mampu menghasilkan cayan yang banyak. Begitu juga dengan sensor, apabila nilai sensor semakin besar maka semakin banyak cahaya yang ditangkap.

Untuk saat ini, banyak smartphone yang mengusung dapur pacu atua prosesor yang disebut SoC (system on chip). Walaupun SoC mempunyai komponen pendukung yang lain. SoC yang memiliki fungsi banyak sistem, misalnya untuk pemrosesan yang dibawakan dalam satu chip. Seperti SoC pada Snapdragon 625 dan Snapdragon 636 yang mempunyai komponen lain, seperti CPU, image signal prosesor (ISP), graphic prosesing unit (GPU), ada juga kemampuan artificial intelligen (AI).

ISP dalam sebuah SoC yang berfungsi penting pada foto yang dihasilkan. Seperti yang dilansir oleh detikINET, dari Anandtech, Minggu (15/4/2018), setiap pixel dapa sensor kamera tidak mempunyai fitur untuk menghasilkan warna hijau, merah dan biru (RGB) yang merupakan warna dasar pada gambar, sehingga setiap piksel hanya mempunyai satu warna saja.

Baca Juga : Inilah 4 Smartphone Mahal, yang Sekarang Banting Harga ! Apa Saja ?