Benarkah, Saat Gunakan Smartphone Dicas Powerbank Berbahaya ?

0
407
powerbank
Copyright©gadgetjungle

Pakai Smartphone Saat Dicas Powerbank Berbahaya ?

Eratekno.com – Sebenarnya, ada sejumlah kasus smartphone meledak, yang dialami oleh anak kecil sampai dengan orang dewasa bahkan orang tua sekalipun. Namun, lazimnya sebuah smartphone meledak ketika sedang terhubung ke pengisian daya, ditambah dengan smartphone tersebut sedang dimainkan saat mengisi daya.

Lalu, bagaimana untuk penggunaan smartphone ketika sedang terhubung dengan powerbank? Denny, selaku President Dellcell (penyedia powerbank) yang menjelaskan jika penggunaan smartphone ketika terhubung dengan powerbank tidak mempengaruhi smartphone.

Baca Juga : Meski Ukuran Mini, Powerbank Ini Miliki Fitur Isi Daya Smartphone Supercepat !

Ia menambahkan, jika powerbank tersebut memiliki sumber yang terbatas (limited source), sehingga mampu meminimalisasi adanya tersetrum bahkan meledak. Tak hanya itu saja, produk powerbank Dellcell seperti Tornado yang memiliki kapasitas yang dapat menghentikan pengisian daya jika smartphone sudah terisi secara penuh untuk menghindari overload.

[email protected]

Smartphone yang panas dapat berpotensi untuk korslet bahkan meledak. Tetapi Denny yang tak mentup risiko jika adanya efek pada smartphone, terutama ketika memakai powerbank abal-abal. “Kita lagi pakai smartphone saat terhubung ke powerbank, ternyata barangnya jelek, korslet, gara-gara konektornya enggak bagus,” kata Denny kepada Tekno Liputan6.com belum lama ini di Jakarta.

Baca Juga : Wajib Baca! Ini Nih 2 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Powerbank

Adanya kasus ponsel meledak yang sering terjadi belakangan ini. Misalnya yakni kasus Kathleen Walsh (25) yang sedang mengandung. Kathleen merupakan kekasih dari Daniel Collict (29) yang sedang asyik tertidur pada Kamis lalu saat ponsel Samsung Galaxy S5 yang diperkirakan meledak. Dimana ponsel tersebut ditempatkan di tempat tidur, yang tak jauh dari posisi Kathleen tidur.

Lantas pasangan tersebut yang menyebut, jika ponsel Samsung yang dalam kondisi menyala, lalu meledak di tempat tidur. Dimana ledakan ponsel tersebut yangmembakar tangan Kathleen serta membakar kasur. Sehingg kasur menjadi bolong.

Setelah api dipadamkan dengan seember air, Kathleen yang langsung dilarikan ke rumah sakit sebab adanya luka bakar parah ditangannya. Daniel yang teringat detik-detik mengerikan tersebut, yakni ledakan ponsel yang membuat dirinya dan Kathleen terkejut. “Kedengarannya (suara ledakan) seperti seseorang sedang menyalakan roket. Ada ledakan yang sangat keras. Baterai pada telepon itu bercahaya dan meleleh ke kasur,” ucap Daniel.

Baca Juga : Hebatnya Powerbank 16.000 mAh, Bisa Disi Penuh dengan Waktu 1,5 Jam Saja Lho!