Berantas Berita Hoax, Pendiri Facebook Bakal Batasi Berita Clickbait !

0
533
mark
[email protected]

Atasi Berita Hoax, Bos Facebook Bakal Batasi Berita Clickbait !

Eratekno.comFacebook yang secara resmi mengumumkan bakal mengutamakan berita dari sumber yang terpercaya untuk tampi di halaman feed. Hal tersebut yang disampaikan oleh pendiri Facebook yakni Mark Zuckerberg melalui akun resminya.

Terlalu banyak sensasi, mis-informasi dan polarisasi di dunia saat ini. Media sosial memungkinkan orang menyebarkan informasi lebih cepat dari sebelumnya, dan jika kita tidak secara khusus mengatasi masalah ini, maka kita malah memperkuatnya,” tulis Zuckerberg.

Baca Juga : Buruan Coba! Begini Cara Simpan Simpan Postingan Facebook untuk Dibaca Nanti

Perusahaan sosial media tersebut berkeinginan untuk memberantas berita-berita sensasional atau yang sering disebut dengan clickbait. Untuk mendukung upaya tersebut, pihaknya yang telah melakukan survei ke pengguna.

Copyright©Tribun

Facebook yang akan bertanya kepada pengguna apakah mereka familiar dengan sumber berita. Jika iya, maka Facebook akan bertanya kembali apakah pengguna percaya dengan berita tersebut. sementara hasil survery tersebut yang akan digunakan untuk membuat daftar sumber berita yang terpercaya untuk konsumen. Tetapi sayangnya, survei tersebut tidak dibuka untuk konsumen.

Upaya tersebut dinilai Facebook tidak akan mengurangi jumlah berita yang tampil pada feed pengguna, namun hal tersebut lebih untuk penekanan agar berita tersebut yang tampil di halaman feed akana lebih terpercaya.

Baca Juga : Petinggi Facebook akui Facebook Messenger 2 Tahun Terakhir Berantakan, Mengapa ?

Langkah tersebut sebagau bukti dari kerja keras Zuckerberg untuk memebrantas fake news yang membanjiri pada platform miliknya tersebut. sebelumnya, Mark Zuckerberg yang menyatakan jika konten di news feed tersebut bakal lebih banyak diisi dengan postingan dari teman dan keluarga. Sehingga untuk unggahan atau positngan dari brand bakal dikurangi.

Harapan saya adalah bahwa update tentang berita tepercaya dan interaksi akan membuat waktu yang dihabiskan pengguna di Facebook lebih bermakna,” tutupnya.

Nampaknya Facebook tengah berusaha keras untuk dapat  menjadi media sosial yang terbaik, seperti yang diharapkan oleh pengguna. Agar dapat lebih menarik para pengguna untuk tetap dapat menggunakan platform yang terbilang populer tersebut.

Baca Juga : Lebih Mudah! Begini Cara Download Video di Facebook Tanpa Aplikasi Tambahan