Bitcoin Sudah Ditambang 80 Persen, Lantas Bagaimana Kelanjutannya ?

0
322
[email protected]

Bitcoin Sudah Ditambang 80 Persen, Lantas Apa Yang Terjadi ?

Eratekno.com – Makin populer Bitcoin dalam beberapa tahun terakhir yang membuat mata uang digital tersebut menjadi incaran banyak orang. Namun akibat banyak dicari orang, menurut laporan terbaru dari laman bitcoin, dimana total bitcoin yang ditambang tengah mencapai 80 persen dari keseluruhan pasokan.

Seperti yang dikutip oleh Express, Jumat (19/1/2018), saat ini hanya tersisa sekitar 20 persan atau 4,2 juta token yang dapat ditambang. Sedangkan jumlah total yang tersedia sekali waktu adalah 21 juta.

Baca Juga : Keyboard Aplikasi Messenger untuk iPhone Tak Berfungsi Normal, Kok Bisa?

Lalu apa yang akan terjadi jika seluruh token Bitcoin telah berhasil ditambang ? menurut CEO CommerceBLock Nicholas Gregory, ketika bitcoin telah mencapai batasnya maka biaya transaksi serta ongkos mampu menjaga jaringan Bitcoin tetap terus berjalan.

[email protected]

Saya tak tahu pasti kapan seluruh Bitcoin dapat ditambang, tapi saat mencapai penutupannya, biaya transaksi tetap memungkinkan penambang melakukan penambangan dan ketika itu ongkos akan menjadi tinggi,” tuturnya.

Sekedar informasi, ketika diperkenalkan, Satoshi Nakamoto orang yang merupakan pencipta Bitcoin dengan sengaja yang menciptakannya dengan jumlah terbatas. Sehingga hal tersebut dilakukan agar mencegah inflasi.

Baca Juga : Penasaran dengan Telepon dari Nomor Tak Dikenal? Lacak dengan Aplikasi Ini

Sebetulya, banyak yang memperkirakan jika penambang tersebut masih membutuhkan waktu kurang lebih puluhan tahun untuk dapat menambang seluruh Bitcoin yang ada. Ditambah untuk sekarang ini penambangan Bitcoin yang dirasa semakin sulit.

Sementara perkiraan jangka panjang waktu yang menyebutkan Bitcoin memiliki waktu sampai dengan Mei 2140 untuk dapat benar-benar ditambang seluruhnya. Karena hal tersebut didasarkan pada perhitungan yang dilakukan saat ini.

Seperti yang kita ketahui, setiap Bitcoin ditambang dari apa yang dinamakan sebagai block, yang merupakan kumpulan blockhain yang berfungsi untuk melepaskan sejumlah token setelah berhasil dipecahkan. Tetapi saat ini algoritma komputer di balik yakni block sehingga semakin sulit untuk ditembus.

Nilai dari setiap block saat ini yakni 12,5 Bitcoin. Tetapi menurut sebuah laporan diperkirakan pada 2020 dari setiap 210.000 block yang diraih, bakal ada pengurangan sampai setengahnya.

Baca Juga : Keren! Inilah Deretan Aplikasi Galeri Penyimpan Foto Terbaik di Android