Facebook Bakal Tutup Asisten Virtual Besutannya, Kenapa?

0
192
Copyright©CNN

Asisten Virtual “M” Bakal Ditutup Oleh Facebook!

Eratekno.com – Facebook baru saja mengumumkan bakal mengakhiri pengembangan virtual asisten besutannya yang di beri nama ‘M’. menurut rencana, asisten virtual berbasis teks yang rilis pada 2015 lalu itu tak lagi aktif mulai 19 Januari 2018 mendatang.

Seperti di ketahui M adalah asisten virtual berbasis kecerdasan buatan yang berbeda dari besutan perusahaan lain. Pasalnya, M di kembangkan dari kecerdasan buatan yang di latih dan di awasi oleh manusia. M juga bukan asisten virtual yang berdiri sendiri, melainkan ada di dalam aplikasi Messenger dari Facebook.

Akan tetapi, nyata M tak pernah benar-benar menjadi bagian dari pengguna Messenger sejak pertama kali di kenalkan.

Data mencatat, M hanya tersedia untuk sekitar 2 ribu pengguna yang tinggal di California, padahal saat ini ada 1,3 juta pengguna Messenger secara global. Oleh sebab itu, di lansir dari The Verge pada Selasa (9/1/2017), tim yang berada di balik M akan di beri pekerjaan lain di Facebook.

Baca juga: Mantan Petinggi Facebook Sebut Medsos Hancurkan Masyarakat, Benarkah ?

“Kami meluncurkan proyek ini untuk mempelajari apa yang dibutuhkan pengguna dengan asisten virtual, dan kami sudah banyak belajar,” tutur Facebook dalam keterangannya.

Meski begitu, bukan berarti hasil dari proyek M ini akan di tinggalkan begitu saja. facebook menyebutkan pihaknya akan memanfaatkan data dari M untuk mendukung proyeksi kecerdasan buatan lain di perusahaan tersebut.

Kecerdasan Buatan
Copyright©Geneloka

Sebagai informasi, Facebook memang tengah serius menggarap lini kecerdasan buatan di perusahaannya. Sejak tahun 2013 lalu, perusahaan yang di pimpin Mark Zuckerberg itu kini sudah membuka empat laboratorium kecerdasan buatan di beberapa Negara di dunia.

Facebook memanfaatkan kecerdasan buatan untuk beragam kebutuhan di beragam layanan termasuk Facebook Messenger. Perusahaan juga menghadirkan kecerdasan buatan untuk mendukung pengalaman memakai headset virtual reality (VR) Oculus Rift.

      Baca juga Waduh! Snapchat Jiplak Fitur Facebook