Facebook Bikin Creator Pilot Program Untuk Saingi Twitch?

0
404
facebook
[email protected]

Ingin Saingi Twitch, Facebook Buat Creator Pilot Progam

Eratekno.com – Facobook adalah salah satu media sosial yang memiliki banyak pengguna di seluruh penjuru dunia. Sebagai media sosial yang banyak pengguna, Facebook pun terus mengembangkan fitur-fitur baru dan inovasi baru untuk memanjakan penggunanya.

Seperti baru-baru ini, Facebook baru saja meluncurkan Gaming Creator Pilot Progam yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah kreator konten di platform miliknya. Program percobaan ini akan memanfaatkan berbagai sumber daya Facebook, tak terkecuali Oculus dan Instagram.

Head of Games Partnerships, Guy Cross mengatakan tujuan dari program ini adalah untuk memudahkan orang-orang yang sering menyiarkan video ketika dia bermain untuk mengembangkan komunitasnya.

Baca juga: Buruan Coba! Begini Cara Simpan Simpan Postingan Facebook untuk Dibaca Nanti

Nampaknya Facebook juga ingin mencuri audiens dan kreator konten dari Twitch meski Guy Cross mengaku Facebook tidak tertarik untuk membuat perjanjian eksklusif dengan para kreator saat ini.

Di lansir dari VentureBeat, Guy Cross menyebutkan tujuan utama Facebook adalah untuk mendorong para livesteamer untuk membuat konten di Facebook setiap hari.

“Ada banyak layanan hebat sekarang, tapi menjadi kreator bukan hal yang mudah,” kata Cross pada GamesBeat melalui telepon.

facebook
[email protected]

“Anda harus menyiapkan software broadcasting Anda sendiri. Ada layanan untuk mengatur monetisasi dari berbagai layanan. Ada alat untuk mengatur komunitas Anda. Ada alat untuk mempromosikan diri Anda sendiri, dari segi marketing.

“Banyak dari alat ini yang berasal dari kumpulan aplikasi Facebook, apakah itu Instagram, Messenger atau Facebook, API developer atau API livestreaming.”

Baca juga: Facebook Siapkan Fitur Upload Stories Lewat PC?

Guy Cross menjadikan Facebook Group for Page sebagai contoh alat yang bisa di gunakan oleh para kreator untuk menjalin hubungan dengan para penggemar. Salah satu livestreanmer populer Facebook, StoneMountain64 memiliki sekitar 14.600 orang dalam komunitasnya dan telah membuat lebih dari 1000 post.

Menurut StoneMountain64, salah satu keuntungan menyiarkan konten di media sosial Facebook adalah para penoton bisa langsung membagikan video itu kepada teman-teman mereka. Sebelum ini, dia melakukan siaran langsung di platform lain, seperti Twitch, akan tetapi kesulitan untuk mengembangkan audiens di sana.

        Baca Juga Twitter Bakal Rilis Fitur Berbagai Video Mirip Snapchat