Gawat, Ratusan Ribu Powerbank Ditarik Karena Rawan Terbakar !

0
363
[email protected]

Bahaya, Ratusan Ribu Powerbank Ditarik Sebab Rentan Terbakar !

Eratekno.com – Raksasa e-commerce yang berasal dari Amerika, Amazon yang menarik enam varian powerbank yang sebelumnya dijual di Amerika Serikat. Penarikan dari enam varian powerbank tersebut setelah melalui kerjasama dengan Komisi Keamanan Produk Konsumen setempat.

Dimana powerbank yang telah dijual sejak Desember 2014 sampai dengan Juli 2017 yang telah diketahui memiliki risiko overheating (panas berlebih) sehingga hal tersebut dapat menyebabkan unit itu meleleh hingga dapat menimbulkan bahaya kebakaran.

Baca Juga : Boleh Masuk Pesawat, Tapi Kenapa Aturan Powerbank dalam Wh Bukan mAh?

Seperti yang dilansir melalui detikINET dari The Verge, Rabu (14/3/2018), dari keenam varian yang ditarik tersebut yang memiliki kapasitas daya masing-masing 16.100 mAh, 10.000 mAh, 5.600 mAh, 3.000 mAh, 2.000 mAh beserta kabel micro USB, dan 3.000 mAh dengan kabel micro USB.

powerbank
[email protected]

Sedangkan varian yang ditarik tersebut yakni B00ZQ4JQAA, B00LRK8JDC, B00LRK8IVO, B00LRK8I7O, B00LRK8EVO, dan B00LRK8HJ8. Pihak dari Amazon yang sudah mengirimkan pemberitahun melalui email kepada para pembeli keenam varin powerbank tersebut, serta merekomendasikan mereka untuk menghentikan penggunannya.

Ditambah melalui email tersebut juga terdapat sebuah link yang dapat dipakai untuk melakukan pendaftaran mengenai produk serta instruksi mengenai pengembalian dana serta cara pengiriman barang kembali. Saat ini semua powerbank yang masuk dalam daftar penarikan sudah dihapus dari situs Amazon serta tak lagi dapat dibeli.

Baca Juga : Wajib Baca, Inilah Kriteria Powerbank yang Boleh Dibawa Masuk Pesawat !

Komisi Keamanan Produk Konsumen AS yang mengungkapkan ada sekitar 260.000 unit yang terkena dampak penarikan tersebut. dimana Amazon yang telah menerima sebanyak 53 laporan yang mengatakan dari beberapa powerbank yang dapat mengalami overheating sampai dengan adanya unit yang terbakar.

Beralih dari semua itu, seperti yang diketahui Kemenhub yang telah mengeluarkan aturan mengenai powerbank yang diperbolehkan masuk ke dalam pesawat melalui SE Keselamatan Nomor 015 Tahun 2018.

Powerbank yang memiliki daya perjam (Wh) yang tak lebih dari 100 Wh. Sementara peralatan yang memiliki daya per jam lebih dari 100 Wh (Wh < 100) namun tak lebih dari 160 Wh (100 < Wh < 160 ), harus mendapatkan persetujuan dari maskapai terkait.

Baca Juga : Benarkah, Saat Gunakan Smartphone Dicas Powerbank Berbahaya ?