Google Bakal Sertakan Penangkal Exploit Spectre di Update Terbaru

0
172
Google Pixel XL JPG
Google Pixel dan Google Pixel XL

Update Terbaru, Google Sertakan Penangkal Exploit Spectre Demi Keamanan Pengguna

Eratekno.com – Google telah memastikan diri untuk melindungi para pengguna Android dari kerentanan yang baru saja di laporkan ada di sejumlah prosesor modern. Model exploit baru bernama Spectre ini di sebut dapat mencuri informasi sensitig perangkat termasuk, password.

Di lansir dari Phone Arena pada Jumat (5/1/2018), untuk itu Google menyebut telah menyertakan solusi untuk masalah tersebut dalam pembaruan keamanan Januari. Apalagi, perusahaan memastikan kerentanan ini masih terbata di beberapa Android.

Pembaruan ini akan hadir pada Nexus 5X, Nexus 6P, Pixel C, Pixel dan Pixel XL, termasuk Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Oleh sebab itu, pembaruan keamanan ini akan melindungi seluruh perangkat yang menjalankan sistem operasi open source. Semua perangkat tersebut akan menerima upgrade ke OS Android 8.1 Oreo yang telah di rilis Google pada bulan lalu.

Baca juga: Keren Abis! Smartphone 3 Jutaan, Spesifikasi 10 Jutaan

Android terbaru itu hadir dengan sejumlah fitur baru, seperti menu transparan, Quick Setting termasuk tema ‘light’ dan ‘dark’. Selain Android, Google juga memastikan layanan lain, seperti Google Search, Youtube, Google Ads, Maps, Blogger termasuk data konsumen tersimpan aman.

Perusahaan juga menjamin hal itu berlaku di Gmain, Calendar, Drive, Docs termasuk layanan Google lainnya. Raksasa internet itu juga menghadirkan pembaruan untuk Google Chrome OS yang dipasang di Chromebook atau perangkat lain.

Copyright©Liputan6

Seperti di ketahui, belakangan ini sejumlah perusahaan teknologi memang tengah di gegerkan dengan celah keamanan yang ditemykan sejumlah peneliti keamanan. Pasalnya, celah keamanan ini ada di prosesor modern yang ada di perangkat terbaru. Celah keamanan yang di beri nama Meltdown dan Spectre ini sebenarnya memiliki metode yang serupa. Namun, keduanya menyasar tipe prosesor yang berbeda.

Baca juga Makin Canggih, Kini Diagnosa Penyakit Jantung dan Kanker Bisa dengan Kecerdasan Buatan