Harga Selangit, Biaya Pembuatan Samsung Galaxy S9+ Ternyata Hanya Setengahnya, Ini Rinciannya!

0
552
Samsung-Galaxy-S9+
[email protected]

Samsung Galaxy S9+ Dibanderol Mahal, Ini Ongkos Pembuatnya!

Eratekno.com – Sudah menjadi barang tentu jika sebuah flagship dibanderol dengan harga selangit atau sangat mahal. Salah satau smartphone flagship yang dijual dengan harag mahal yakni Samsung Galaxy S9 dan Samsung Galaxy S9+ yang diketahui baru dirilis bulan Februari 2018 kemarin.

Harga mahal yang dibanderol pada duo Galaxy S9 ini karena banyaknya fitur canggih dan biaya produksi yang tak sedikit. Lalu berapa kira-kira ongkos pembuatan ponsel teranyar Samsung tersebut?

Baca juga : Segera Meluncur, Ini Penampakan Samsung Galaxy S9+ Varian Coral Blue!

Sekedar informasi jika Samsung Galxy S9+ merupakan varian paling mahal pada seri Samsung Galaxy S9. Dan kali ini sebuah situs Tech Insights berhasil mengungkap sejumlah ongkos yang dikeluarkan oleh pabrikan asal Korea Selatan tersebut untuk memproduksi Galaxy S9+.

Hasilnya sendiri cukup mengejutkan, sebab ternyata biaya porduksi hanya setengah dari harga jual smartphone. Galaxy S9+ dibuat dengan merogoh kocek 379 dollar Amerika Serikat (AS) atau setara dengan Rp 5,2 juta per unitnya. Ongkos pembuatan perangkat ini tercatat lebih mahal 10 dollar AS dibandingkan dengan Galaxy S8.

Samsung-Galaxy-S9+
[email protected]

Dengan demikian membuat Galaxy S9+ saat ini menjadi ponsel Samsung dengan ongkos pembuatan termahal. Bukan hanya membandingkan dengan Galaxy S8, namun situs tersebut juga membandingkan Galaxy S9 dengan ongkos pembuatan ponsel lainnya.

Ponsel lain tersebut seperti Galaxy S8+ yang hanya menghabiskan biaya produksi 343 dollar AS atau setara dengan Rp 4,7 jutaan. Kemudian ada lagi iPhone 8 Plus yang masih memliki ongkos pembuatan jauh dibawah Galaxy S9 yakni 324,20 dollar AS atau setara dengan Rp 4,4 jutaan.

Baca juga : Gelar Penjualan Perdana Duo Samsung Galaxy S9 di Empat Lokasi, Ada Promo dan Cash Back Besar Lho!

Meskipun menjadi ponsel flagship dengan ongkos pembuatan termahal, Samsung Galaxy S9+ masih kalah dengan iPhone X. Perangkat premium milik Apple itu disebut-sebut menghabiskan ongkos pembuatan hingga 389.50 dollar S atau setar dengan Rp 5,3 jutaan. Lalu apakah yang membuat ongkos produsi Galxy S9+ mahal?

Dalam situs Tech Insights sendiri meyebutkan jika chipset Exynos 9810 cukup memiliki kontribusi harga mahal yakni 68 dollar AS. Selaian itu, panel layar Super AMOLED juga tak luput dari perhatian dengan kontibusi harga 72 dollar AS. Kemudian sisanya ada sejumlah part yang juga cukup mahal seperti memori, kamera dan bagian no-elektronik lainnya. Semua itu terhitung ongkos terakhir biaya produksi dari komponen dan artinya ini tak termasuk hitungan R&D, marketing dan lain sebagainya.

Baca juga : Ketika Samsung Galaxy S9 Dihajar Habis-Habisan, Ini Hasilnya Setelah Digores Hingga Dibakar