Hati-hati, Begini Cara Hacker Menyadap Smartphone Kamu ! Simak Guys

0
461
[email protected]

Wajib Baca, Ternyata Begini Cara Hacker Sadap Smartphone Kamu ! Waspadalah

Eratekno.com – Menteri Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) Rini Soemarmo dan Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir yang tiba-tiba menjadi perbincangan hangat sebab telepon mereka yang diperkirakan kena aksi penyadapan. Dimana pakar siber Pratama Persadha yang turut menjelaskan adanya sejumlah acara telepon atau smartphone yang menjadi korban dari penyadapan tersebut lantas diintai beserta konten-kontennya, misalnya hal-hal seperti SMS dan media sosial, atau bisa juga lokasi.

Baca Juga : Tips Ampuh, Amankan Data Facebook Kamu Agar Tak Dicuri! Selengkapnya

Untuk meminimalisir adanya penyadapan smartphone terhadap hacker, lakukan cara ini. Untuk dapat melindungi smartphone dari penyadapan yakni dengan memahami bagaimana cara penyadapan tersebut dilakukan di smartphone, sebab bermacam cara penyadapan dari jauh (remote) serta ada juga yang secara langsung.

[email protected]

Yakni dengan cara-cara smartphone dapat menjadi korban sadar berdasarkan penjelasan dari Pratama Persadha yang dihubungi melalui Tekno Plitan6 pada Minggu (29/4/2018) di Jakarta.

1 Penyadapan melalui SMS

Penipuan sekaran ini juga bisa datang melalui SMS yang juga menjadi wadah sebagai penyadapan. “Pertama, hacker bisa saja mengirim link lewat SMS berisi update aplikasi dengan tujuan agar diklik oleh korban. Bila diklik, link tersebut bisa jadi berisi malware,” papar Pratama. Mengenai hal tersebut, pengguna harus waspada saat mendapatkan SMS dari nomor yang tidak dikenal.

Baca Juga : Tips Ampuh, Jual Smartphone dengan Harga Tinggi ! Selengkapnya

2 Jangan Asal Meminjamkan Smartphone

Tak hanya melalui SMS, teknik penyadapan saat ini juga bisa melalui aplikasi, dimana Pratama yang memperingatkan smartphone yang dapat di-inject sesuatu sehingga dapat berfungsi untuk melakukan penyadapan.

Misalkan, handphone-nya dipinjam sebentar oleh orang tak bertanggung jawab, diinstal aplikasinya (untuk menyadap), kemudian dibalikin lagi,” jelas Pratama. Sebab smartphone merupakan bagian terpenting dari kehidupan kita, sebaiknya jangan asal meminjamkan smartphone kepada orang yang tidak anda kenal.

3 Hadiah Smartphone Baru

Cara ini mungkin yang sedikit mengejutkan. Sebab pelaku penyadapan memberikan hadiah smartphone anyar dan ternyata sudah di-inject terlebih dahulu dengan malware jahat yang bisa memata-matai penggunanya.

Dan yang berbahaya, sangat sulit untuk mengetahui perangkat mana yang sudah disadap dan mana yang tidak. Untuk pengguna diharapkan lebih berhati-hati  jika ada aplikasi yang mencurigakan lebih baik langsung hapus saja.

Baca Juga : Tips Bikin Video Super Slow Motion Keren di Samsung Galaxy S9 !