Hati-Hati! Diam-Diam Game Smartphone Rekam Aktivitas Pengguna

0
586
main-game
[email protected]

Gawat! Ternyata Game Smartphone Diam-Diam Rekam Aktivitas Pengguna

Eratekno.com – Di era digital seperti saat ini bermain game adalah suatu kebutuhan bagi kebanyakan orang. Tak hanya untuk hiburan, game juga bisa di gunakan untuk menyalurkan hobi. Asalkan tidak berlebihan dalam bermain game itu sebenarnya sah-sah saja.

Meski banyak mendatangkan kesenangan tersendiri untuk sebagian orang, beberapa game smartphone rupanya mengintai pengguna dengan memanfaatkan mikrofon ponsel. Kendati demikian, mikrofon tersebut bukan mendengar suara pengguna melainkan apa yang di tonton oleh pengguna.

Game itu menggunakan akses mikrofon untuk mengetahui apa yang di tonton, iklan apa yang di dengar hingga film apa yang di lihat oleh pengguna. The New York Times melaporkan bahwa praktik itu kemungkinan lebih umum.

Baca juga: Devil May Cry Versi Mobile Siap Rilis di 2018

Dalam sebuah laporannya, The New York Times mengatakan bahwa lebih dari 250 game di Google Play Store telah terindentifikasi memantau kebiasaan pengguna menonton TV dengan menggunakan sebuat software. Software tersebut berasal dari perusahaan bernama Alphonso yang menyediakan software yang mampu mengidentifikasi acara TV berdasarkan suara, sebagaimana Shazam yang mampu mengidentifikasi music.

Copyright©Tribun

Kendati tak merekam apa yang pengguna bicarakan, software itu mampu mengidentifikasi suara yang di pancarkan dari TVuntuk mengetahui apa yang di tonton oleh pengguna. Dan pada akhirnya, data itu berpotensi di jual kepada pengiklan.

Baca juga: Ini Dia Game Terbaru Yang Bakal Meluncur di 2018

Salah satu masalah yang penting dalam kasus ini adalah bahwa Alphonso menyetujui perangkatnya terpasang pada aplikasi yang di tujukan untuk anak-anak. Bukan hanya di Play Store, beberapa aplikasi termasuk game yang menggunakan software itu juga di temukan di Play Store.

Seperti di ketahui aplikasi-aplikasi ini memang meminta izin kepada pengguna atas akses mikrofon dan akses lainnya.

Namun sayangnya banyak pengguna yang tak menyadari dan enggan untuk membaca ketentuan dalam aplikasi tersebut sehingga banyak pengguna tak menyadari dampak yang sedang mengintainya. Informasi di atas seperti di lansir dari The Verge pada Kamis (4/1/2018).

Untuk itu agar tidak terjadi masalah demikian, agaknya pengguna harus lebih cermat dan membaca ketentuan dalam aplikasi game tersebut.

       Baca juga Awas, Kecanduan Main Game Masuk Kategori Gangguan Mental Lho !