Hati-hati, Jangan Buang Smartphone di Tempat Sampah bisa Terjadi Kebakaran !

0
174
[email protected]

Awas, Smartphone di Tempat Sampah bisa Sebabkan Meledak dan Kebakaran Lho !

Eratekno.com – Jika anda ingin membuang smartphone lawas yang sudah tidak terpakai, pastikan untuk tidak membuangnya di tempat sampah biasa. Sebab, hal tersebut justru dapat memicu adanya bahaya kebakaran. Dimana hal ini terkait dengan baterai lithium yang digunakan oleh smartphone yang memang memiliki potensi meledak jika ditaruh di sembarang tempat.

Baca Juga : HTC Bakal Luncurkan Smartphone Berteknologi Blockchain ! Seperti apakah ?

Adapun ledakan yang terjadi disebabkan adanya tumpukan sampah, ditambah jika sampah tersebut ada bahan-bahan yang mudah terbakar, sehingga dapat memicu reaksi berantai hingga terjadinya kebakaran hebat.

[email protected]

Informasi tersebut yang dikutip olh KompasTekno dari BGR, Minggu (20/5/2018), selama ini kita sering kali mengetahui kasus kebakaran yang diakibatkan adanya orang membuang smartphone di tempat sampah biasa.

Data yang diungkap oleh Call2Recycle yang menyatakan jika pada tahun 2017 lalu, 65 persen kebakaran yang ada di pengolahan sampah di California yang dikarenakan adanya smartphone yang meledak. Dimana smartphone tersebut yang umumnya dibuang oleh warga ke tempat sampah biasa sehingga meledak usai dibawa ke fasilitas pengolahan sampah.

Baca Juga : Sertifikat Ungkap Keberadaan Smartphone LG V35 ! Bakal Seperti Apa Spesifikasinya ?

Sementara peristiwa yang terjadi terkini pada Desember tahun lalu, dimana sebuah fasilitas pengolahan sampah Ecomaine di Portland, Amerika Smartphone. Tak hanya itu, Maret 2018 juga terjadi peristiwa yang sama di fasilitas daur ulang di Queens, New York. Adapun kebakaran yang terjadi di Queens yang dikarenakan oleh meledaknya sebuah baterai lithium-ion. Ketika kejadian berlangsung, lima alarm tanda bahaya berbunyi, namun api membesar dan terus membara hingga dua hari.

Sebanyak empat cabang Long Island Rail Road yang harus ditutup sementara karena adanya asap tebal dari kebakaran tersebut. kedua peristiwa diatas merupakan sebagian contoh dari smartphone yang berisi baterai lithium yang meledak dan terbakar dengan sendirinya saat dilempat ke tempat pembuangan sampah biasa.

Selayaknya, sampah elektronik harus mendapatkan tempat pelakuan khusus, dari segi pengumpulan sampai dengan penanganan daur ulang. Oleh sebab itulah, jangan sekali-kali membuang smartphone anda begitu saja pada tempat sampah biasa, karena hal tersebut dapat meledak dan terjadi kebakaran.

Baca Juga : Wajib Baca, Performa Smartphone Kamu Jadi Lemot ? Jangan Pasang 5 Aplikasi Ini