Ini Dia! Tips Menambah Memori Android Dengan Mudah

0
12079
copyright©

Memori Penuh? Yuk Simak Tips Menambah Memori Android Dengan Mudah

Eratekno.com – Sejumlah orang tentu memiliki kegemaran download sehingga membuat penyimpanan internal menjadi lebih penuh. Apalagi mereka menggunakan smartphone yang memiliki penyimpanan internal yang sedikit tentu akan menjadikan perangkat semakin lemot.

Sehingga dengan memori yang penuh, kamu tidak akan bisa untuk download lagi dan menambahkan media lainnya ke hp kamu. Untuk itu, jika memori sudah terasa penuh sebaiknya kamu simak Tips menambah  memori Android dengan mudah ini wajib kamu lakukan.

Tips Menambah Memori Android

Dengan menggunakan tips di bawah ini akan membantu kamu untuk lebih melegakan memori dan menambah memori internal kamu, sehingga bisa menambahkan media lagi ke perangkat tanpa harus takut memori penuh.

Baca Juga : Tips Agar WhatsApp Tidak Menguras Memori dan Ram !

  • Gunakan Fitur di Smartphone Android
copyright©jalantikus

Dalam sistem operasi Android tentunya akan mempunyai sebuah fitur yang akan menunjukkan penggunaan dari memori kamu dengan tepat. Untuk mengetahuinya bisa langsung ke menu Settings >Storage. Di menu Storage, kamu akan bisa melihat banyak penggunaan memori di smartphone tersebut. Dan ini akan sangat membantu kamu untuk memanage memori.

Seperti fitur yang digunakan oleh Android 8.0 Oreo. Sistem operasi Android Oreo ini memiliki tampilan baru, yang mana semua data telah dikelompokkan berdasarkan dengan type data masing-masing. Dan di dalamnya kamu akan menemukan sebuah tombol yang berguna untuk membersihkan memori dengan mudah, yakni Free Up Space.

Sementara Android 7.0 Nougat ke bawah, kamu bisa melihat data atau aplikasi yang memakan memori paling banyak dan bisa langsung membersihkannya. Hal ini biasa terjadi pada aplikasi game dengan memiliki grafis HD yang menggunakan data paling banyak. Sehingga kamu hanya perlu memilih Clear Data untuk membersihkannya, dan kamu akan memulainya dari awal.

  • Gunakan Aplikasi Files Go
copyright©jalantikus

Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu akan ditunjukkan dengan beberapa aplikasi yang jarang digunakan, media beresolusi rendah dan bahkan file yang duplikat. Beberapa hal tersebut akan dinilai oleh Files Go telah memakan memori penyimpanan kamu. Untuk itu, kamu juga bisa memilih file mana saja yang akan dihapus untuk melegakan penyimpanan.

Baca Juga : Waspada! Inilah Bahaya Akses Aplikasi Android Yang Perlu Diketahui

  • Tambahkan SD Card
copyright©jalantikus

Buat kamu yang memiliki slot MicroSD, sebaiknya manfaatkan slot memori tersebut untuk menambah penyimpanan smartphone kamu, sehingga penyimpanan kamu akan semakin meluas.

Untuk itu, MicroSD akan bisa digunakan sebagai memori internal kamu, lalu gimana caranya? Caranya sangat mudah, Masukkan MicroSD ke smartphone kamu dan tunggu hingga muncul notifikasi yang menandakan kartu memori kamu telah terbaca dan pilih Set Up >Use as internal storage.

  • Pindahkan Foto ke Cloud
copyright©jalantikus

Salah satu penyebab cepat penuhnya memori adalah dengan banyaknya foto yang kamu simpan di dalamnya. Apalagi jika kamu tergabung dengan grup pasti akan menerima banyak foto secara tiba-tiba dan akhirnya tersimpan dalam smartphone kamu.

Untuk mangatasinya, kamu bisa pindahkan foto yang penting ke layanan Cloud, seperti Google Photos, Dropbox, Microsoft OneDrive, Flickr dan masih banyak lagi. Namun, perlu diketahui bahwa Google Photos yang membuat Cloud secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi Photos dari Google. Dengan menggunakan Google Photos, kamu akan mampu membersihkan foto yang telah kamu masukkan dalam cloud dengan tap tiga garis yang barada di posisi kanan atas dan pilih ‘Free up Space’.

Nah, dengan begitu kamu tidak akan pusing-pusing lagi menghadapi memori yang penuh, dan kamu bisa menambahkan serta download media sesuka hati. Itulah Tips menambah  memori Android dengan mudah yang bisa kamu coba. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Waspada ! Ada Malware Menyamar Jadi Aplikasi Telegram Melalui Iklan !