Inilah Gambaran Masa Depan Platform Android !

0
288
[email protected]

Menebak Masa Depan Platform Android !

Eratekno.com – Sejak diakuisisi oleh Google, Android yang berubah menjadi sistem operasi nomor satu di dunia. Bahkan dari 2017 lalu, popularitas Android yang terbilang sukses mengalhakn sistem operasi Windows OS yang merupakan gabungan dari keseluruhan perangkat komputasi berdasarkan pengguna yang mengakses internet.

Terbukanya sistem operasi Android yang tergolong ampuh mengantarkan Android dengan menjadi mudah diterima oleh para pengguna maupun untuk partner pabrikan yang mengadopsi OS besutan Google tersebut.

Baca Juga : Cara Sembunyikan Akun Facebook dari Google Melalui Android, Intip Yuk!

Android yang sukses menjadi pilihan terbaik dari berbagai perusahaan teknologi yang menginginkan sistem operasi dengan biaya yang terbilang rendah, dan dapat pula untuk dikostumisasi serta ringan untuk perangkat dengan teknologi yang tak wajib mengembangkannya dari awal.

[email protected]

Namun, sayangnya karena dinilai terlalu terbuka, sehingga distribusi untuk versi terbaru OS Android yang menjadi lebih lambat sampai ke tangan pengguna. Karena untuk dapat disebar ke pengguna tentu bergantung pada pihak pabrikan itu sendiri yang manaa banyak dari para pabrikan tersebut yang mengkostum OS dengan antarmuka serta menyematkan bermacam fitur khas buatan sendiri.

Sehingga, proses pembaruan tersebut harus melalui penyesuaian untuk masing-masing pabrikan. Bila dibandingkan dengan penyerapan OS teranyar andara Android dan iOS, Android memang terbilang tertinggal jauh dari OS garapan Apple. Seperti Android versi 8.0 Oreo.

Baca Juga : Google Luncurkan Aplikasi Gboard Go Untuk Smartphone Low-End

Jika berdasarkan dara Android Developer Dashboard per Januari, dimana penyerapan Android Oreo anyar baru mencapai angka 0,7 persen dari jumlah keseluruhan perangkat Android yang beredar.

Sedangkan untuk IOS 11, versi terbaru dari OS milik Apple yang dilihat berdasarkan Apteligent yang  sudah tersebar hingga 78% dari jumlah keseluruhan, sangat tertinggal jauh bukan.

Google yang masih memiliki platform Android One yang juga masih emngandalkan Android Stock, seperti yang dijalankan oleh Xiaomi Mi A1. Namun entah kenapa tak banyak vendor lain yang menggunakan paltform Android One  maupun OS murni Android Stock.

Hal tersebut sehingga muncullah kustom-kustom OS seperti MIUI, FireOS, Oxygen, ZenUI dan lainnya.

Baca Juga : Google Tawarkan Smartphone Moto X4 Sebagai Pengganti Nexus 5X yang Bootloop