Jangan Lakukan! 3 Hal Ini Bisa Bikin Smartphone Nge-Lag Lho

0
257
[email protected]

Oh,, Ternyata Ini 3 Penyebab Smartphone Nge-Lag, Intip Yuk!

Eratekno.com – Smartphone nge-lag saat di gunakan pasti akan membuat kita kesal dan emosi, apalagi itu tersebut saat kita sedang asyik bermain game. Semua yang kita lakukan di dalam smartphone langsung terhenti, bakal data cenderung berpotensi hilang.

Terlebih lagi ada juga smartphone baru yang di gunakan dalam kurun waktu beberapa minggu dan langsung nge-lag. Nah untuk mengatasi masalah itu, kamu nampaknya perlu mengetahui apa saja sebenarnya yang menyebabkan smartphone memiliki performa yang tidak sempurna alias nge-lag.

Menurut pendiri laman Squto, Ankit, Nawlakha di sebutkan setidaknya ada tiga hal yang bisa menyebabkan sebuah smartphone bisa nge-lag dan membuat kesal penggunanya yang di jelaskannya melalui tanya jawab di platform Quora. Ini dia 3 penyebab smartphone nge-lag, langsung simak yuk.

Baca juga: Jangan Lakukan! Ini Bahaya yang Terjadi Ketika USB Drive Dilepas Paksa

Aplikasi yang masih terbuka

copyright©Liputan6

Semakin banyak aplikasi yang di gunakan dan tidak di tutup secara benar bisa membuat smartphone terkesan masih berkerja walaupun layar berada di posisi home. Ini sama saja dengan RAM yang masih sibuk bekerja. Jika RAM sudah di buat sibuk bekerja maka aplikasi susah di gunakan. Inilah yang melambat alias nge-lag.

Tempat penyimpanan internal penuh

Hampir semua smartphone memiliki Solid state drive (SSD). Namun kabar buruknya, SSD ini kerap membuat kinerja smartphone melambat jika kapasitas ruang memori di rasa hampir penuh. Proses writing pun akhir menjadi lambat dan berimbas pada smartphone yang ikut berjalan pelan.

smartphone
copyright©solopos

Baca juga: Jadi Favorit, Berikut 5 Alasan Gim MOBA Banjir Peminat

Update OS

Versi Android terbaru biasanya muncul dalam kurun waktu satu tahun. Ketika OS harus di perbarua, bisa jadi smartphone kamu tidak memiliki cukup ruang untuk di optimalisasi dan akhirnya membuat OS yang tidak di optimalkan dengan baik akan mengakibatkan smartphone menjadi lambat.

Sementara itu menurut salah satu pengguna Quora lain yang menjadi masalah ketika smartphone nge-lag sebenarnya bukanlah merek smartphone tertentu. Penyebabnya adalah sistem operasi (OS) yang di gunakan oleh smartphone kebanyakan adalah Android.

“Android tidak memproses data terkait dengan antarmuka pengguna (User Interface/UI) sebagai sebuah prioritas, seperti halnya iOS. Android malah memproses data UI bersamaan dengan data umum. Hal ini menyebabkan lag ketika data normal memakan lebih banyak daya dan meyisakan sedikit ruang bagi proses UI,” ujar Ieshitva Jain.

Nah itulah tadi 3 penyebab smartphone nge-lag yang perlu kamu ketahui.

Semoga bermanfaat guys!

    Baca juga Wajib Baca! Ini Dia Tips Meningkatkan Peringkat Hingga Epic di Mobile Legends