Keren Abis,, Sarung Tangan Pintar Ini Bantu Tunarungu Bisa Berkomunikasi, Bagaimana Cara Kerjanya?

0
249
copyright©YingmiTech

Canggih, Ini Cara Kerja Sarung Tangan yang Bisa Bantu Tunarungu Komunikasi

Eratekno.com – Seiring perkembangan jaman, teknologi-nya pun ikut berkembang pesat demi memudahakan manusia.

Seperti sebuah perusahaan teknolohi asal Taiwan yakni Yingmi Tech yang telah mengembangkan sarung tangan pintar yang mampu menerjemahkan gerakan jari dan tangan menjadi teks sehingga tunarungu bisa berkomunikasi dengan orang asing dengan lebih mudah melalui aplikasi smartphone.

Sarung tangan pintar ini memiliki sensor di jari-jari serta giroskop dan akselerometer di pergelangan tangan. Sensor tersebut mentransmisikan gerakan jari dan tangan melalui Bluetooth ke aplikasi smartphone dan menerjemahkan isyarat menjadi teks.

Baca juga: Apple Bakal Umumkan iPad Pro dengan Face ID di WWDC 2018, Beneran?

Di lansir dari lamamn CNET, dengan mengenakan sarung tangan tersebut, cukup mudah untuk melihat bagaimana teknolohi memberi dampak besar pada kehidupan sehari-hari dengan orang berkebutuhan khusus. Saat ini bahasa isyarat yang di gunakan masih sebatas bahasa Tiongkok, namaun Yingmi mengatakan akan bekerjasama dengan pengembang lain untuk memperluas penggunaanya.

Akan tetapi sarung tangan buatan Yingmi tersebut bukanlah gadget [pertama yang membantu komunikasi tunarungu menjadi lebih mudah.

copyright©Hadeel Ayoub

Sebelumnya, sebuah wearable device baru yang di kembangkan sebuah tim insinyu biomedis di Texas A&M University berusaha untuk membantu komukikasi antara tunarungu yang menggunakan bahasa isyarat dan orang-orang yang tidak memahaminya.

Wearable device tersebut berupa perangkat lengan yang berisi jaringan sensor, yang melacak gerakan tangan, serta sinyal electromyography (EMG), yang dihasilkan otot-otot pergelangan tangan ketika mereka diaktifkan secara elektris atau neurologis.

Baca juga: Jarang Diketahui, Ini Dia Cara Konek Hotspot WiFi Tanpa Password

Roozbeh Jafari selaku Profesor teknik biomedis di Texas A&M University menjelaskan bahwa para peneliti mampu merekam aktivitas otot yang di tangkap dari pergelangan tangan dan secara tidak langsung dari jari untuk memproses dan menerjemahkan sinyal yang berbeda ke dalam teks secara real-time.

Teknologi ini membutuhkan algoritma yang canggih yang telah di rancang untuk belajar dari si pengguna sendiri.

Baca juga Huawei FRD-L24 Muncul di FCC, Intip Yuk Bocorannya!