Konsumen Bakal Kecewa, Samsung Galaxy Note 9 Urungkan Penggunaan Sensor Pemindai Sidik Jari di Layar

0
4520
Galaxy-Note-9
copyright©androidtutorial

Samsung Tak Akan Adopsi Sensor Sidik Jari di Layar Galaxy Note 9, Benarkah?

Eretakno.com – Seperti diketahui jika Samsung memang sejak lama ingin menambahkan fitur pemindai sidik jari (fingerprint) di layar smartphone miliknya. Beberapa waktu lalu dikatakan jika perusahaan asal Korea Selatan itu akan menanamkan teknologi tersebut pada perangkat Samsung Galaxy 8.

Namun ternyata rumor tersebut tak benar dan Galaxy Note 8 masih menggunakan sidik jari di tombol fisik. Setelah itu rumor selanjutnya menyebutkan jika teknologi pemindai sidik jari tersebut akan digunakan pada smartphone terbaru Samsung Galaxy Note 9. Rumor itupun juga didukung oleh sejumlah kabar yang menyebutkan jika sang vendor melakukan kerjasama dengan sejumah perusahaan penyedia sensor.

Baca juga : Ayo Buruan Serbu, Smartfren Berikan Promo Internet Unlimeted Hanya dengan Rp 100 Ribu Lho

Meskipun masih terlau dini untuk memperkirakan fitur apa saja yang bakal dibenamkan oleh Samsung pada Galaxy Note 9, namun sejumlah prediksi dan spekulasi telah banyak bermunculan selama beberapa bulan terakhir. Paling menarik, tentunya mengenai pemindai sidik jari di layar tersebut.

Galaxy-Note-9
copyright©andoridheadlines

Akan tetapi sayangnya harapan digunakananya teknologi keamanan tersebut harus kandas. Dikatkan demikian, pasalnya sebuah informasi dari media negara asal vendor menyebut jika keberadaan sensor pemindai sidik jari yang menempel pada layar sentuh perangkat ini kemungkinan tak akan ditemukan dalam Samsung Galaxy Note 9.

Lansiran yang didapat dari media Korea Selatan menyebut jika pemasok koponen Samsung telah mendapatkan pesan jika raksasa elektronik tersebut hanya akan mengusung pemindai sidik jari dibagian belakang. Dengan pernyataan ini artinya penempatan sensor tak akan jauh beda dari pendahulunya yakni Galaxy Note 8.

Cukup diketahui jika Samsung sendiri sebenarnya sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah perusahaan penyedia sensor sidik jari terkemuka, seperti Qualcomm, EJS Tech, dan Synaptics. Akan tetapi, teknologi tersebut dianggap masih belum akurat untuk Galaxy Note 9.

Baca juga : Dibanderol Rp 10 Jutaan, Ini Dia Samsung Galaxy C10 yang Bakal Mengusung Layar 2K

Oleh kaerna itu mereka dikatakan lebih memilih menghentikan rencana penggunaan pemindai sidik jari dibawah layar. Mengingat ada perubahan rencana, Samsung dilaporkan harus menunda produksi Samsung Galaxy Note 9 hingga empat bulan dan produksi massal phaplet ini akan dimulai sekitar bulamn Juni 2018 mendatang. Laporan lain juga menyebut jika Galaxy Note 9 akan mulai dipasarkan pada bulan Agustus.

Sementara itu dengan kembali dibatalkannya adopsi teknologi pemaindai sidik jari dilayar, maka kepastian apakah Samsung sudah meneyrah mengembangkan fitur ini kembali mencuat. Akan tetapi laporan justru menyebut jika perushaaan tengah mengembangkan teknologi pengenal pemindai sidik jari optik. Namun kabar tersebut hingga kini belum diketahui kebenarannya.

Baca juga : Samsung dan Vendor Lainnya Siap Hadirkan Smartphone Dengan Layanan 5G