Lagi, Baterai iPhone Meletus Setelah Digigit

0
286

Digigit, Baterai iPhone Meletus Layaknya Petasan

Eratekno.com – Kali ini kejadian terkait meledaknya beterai ponsel buatan Apple yakni iPhone kembali terjadi. Kejadian berawal dari seorang pria asal China yang terlihat mempunyai metode sendiri untuk menguji kualitas baterai.

Pria yang tidak diketahui namanya itu menguji kualitas baterai dengan cara menggitnya. Cerita bermula ketika dia ingin membeli produk Apple bekas di sebuah Mall di Negeri Tirai Bambu pekan lalu. Mungkin karena ragu soal keaslian baterai di dalam ponsel, dia pun mengujinya.

Nampak komponen penyimpanan daya itu dimasukan ke dalam mulutnya, lalu diapun menggigit. Cukup diketahui padahal baterai ion yang dipakai di smartphone sama sekali tidak boleh ditusuk dengan benda tajam, apalagi digigit. Jika hal tersebut dilakukan maka akan menyebabkan hubungan arus pendek.

Baca juga : Singkirkan Apple, Huawei Jadi Merek Nomor Satu di Tiongkok

Benar saja, baterai perangkat iPhone tersebut meledak karena adanya hubungan arus pendek. Untungnya ledakan tersebut terjadi sesaat setelah penyimpanan daya itu dikeluarkan dari mulut si pria itu. Pria itu pun selamat dari cedera akibat ledakan yang bisa jadi akan berakibat fatal.

iPhone
[email protected]

Kejadian meledaknya baterai smartphone tersebut terekam kamera CCTV dan berdar luas di media sosial. Nampak dalam video tersebut menunjukan jika sang pria tengah memeriksa iPhone yang hendak dibelinya di sebuah counter toko panel. Sesaat kemudian dia memasukan sesuatu ke dalam mulutnya.

Hanya sesaat setelah dikeluarkan dari mulut, baterai tiba-tiba meledak layaknya petasan dan mengeluarkan bola api serta asap. Orang-orang yang berada disekitar si pria itu terlihat kaget. Namun dari lapporan metode pengujian baterai yang dilakukan oleh si pria tak menimbulkan korban luka.

Baca juga : Cara Melindungi Android dan iPhone dari Bug Meltdown dan Spectre !

Dengan demikian untuk kalian pengguna atau yang memiliki iPhone jangan sekali-kali menusuk baterai lithium dengan benda appaun. Hal ini bukan hanya berlakukan untuk produk Apple, melainkan untuk semua baterai smartphone.

Jika kalian tetap menusuk baterai yang akan terjadi yakni kontak antar kutub negatif dan positif dalam kontruksi baterai sehingga menimbulkan konslet. Reaksi baterai lithium yang rusak bisa sangat cepat dan akan mengakibata ledakan seperti kejadian pria di negara China ini.

Baca juga :  Diperkirakan Produksi iPhone X Terancam Disetop Tahun Ini ! Benarkah ?