Makin Canggih, Kini Diagnosa Penyakit Jantung dan Kanker Bisa dengan Kecerdasan Buatan

0
1151
Copyright©tribun

Kecerdasan Buatan Kini Bisa Diagnosis Penyakit Jantung dan Kanker, Akurat?

Eratekno.com – Implementasi teknologi berbasis kecerdasan buatan, Al (Artificial Intelligence) terus di kembangkan pada industri kesehatan.

Setelah sebelumnya kecerdasan buatan bisa mendeteks beberapa penyakit, mulai dari gejala diabetes hingga Alzheimer, kini teknologi tersebut siap mendeteksi penyakit dalam yang skalanya besar , seperi kanker dan jantung.

Dialah ilmuwan dari rumah sakit John Radcliffe, Oxford Inggris yang belum lama ini memantapkan teknologi kecerdasan buatan untuk mendeteksi penyakit jantung dan paru-paru.

Jika kedepannya teknologi kecerdasan buatan bisa bekerja lebih baik, mereka yakin teknolohi ini menghemat miliaran Puondsterling yang di keluatkan sebagai biaya diagnose konvesional untuk kedua penyakit tersebut.

Baca juga: Keren Abis! Smartphone 3 Jutaan, Spesifikasi 10 Jutaan

Copyright©hariansehat

Pada pertengahan 2018, The National Health Service (NHS) atau Layanan Kesehatan Nasional Inggris juga akan mendapatkan mesin khusus berbasis kecerdasan buatan untuk mendiagnosa penyakit jantung dan kanker. Para pasien juga bisa memeriksa kondisinya secara gratis dengan mesin tersebut.

Kepala NHS Sir John Bell menyambut positif kehadiran mesin tersebut. pasalnya layanan patologi (deteksi penyakit dalam) untuk jantung dan kanker menguras biaya yang besar. “Kehadiran mesin tersebut tentu bisa memangkas pengeluaran hingga 50 persen (hampir Rp 20 triliun) per tahun. Ini tentu bisa menyelamatkan kondisi finansial NHS,” ujar Bell sebagaimana dikutip BBC, Kamis (4/1/2018).

Kehadiran mesin ini juga di klaim akan membantu para ahli kardiolog (jantung) untuk mendeteksi jenis penyakit jantung pasein. Dari yang sudah-sudah, metode diagnosis konvensional penyakit jantung bisa saja keliru bahkan di lakukan oleh dokter terbaik sekalipun.

    Baca juga Fitur Ini yang Bisa Dinikmati Bila Teknologi 5G Rilis di Indonesia