Menjadi Tren, Apa Sebenarnya Manfaat Big Data di Indonesia?

0
241
big data
copyright©liputan6

Peran Big Data Bakal Jadi Penting, Apa Manfaatnya di Tanah Air?

Eratekno.com – Satu istilah yakni big data mungkin belum cukup familiar untuk semua orang. Digadang-gadang istilah tersebut akan menjadi salah satu pondasi penting untuk industri teknologi dunia dan salah satunya Indonesia.

Lalu bagaimanakah perkembangan dan seperti apa tren big data di Tanah Air? Akankah populer ataukah biasa saja?

Jawaban pertenyaan tersebut saat ini memang bisa dikatakan masih mengambang. Terkait hal ini juga diungkapkan oleh pakar big data, Komang Budi Aryasa. Dia menyebutkan jika saat ini arah big data di Indonesia telah mempunyai pola yang sudah jelas.

Baca juga : Siap Dirilis, Ini Dia Bocoran Spesifikasi iPhone SE 2

Komang menjelaskan jika secara harfiah big data merupakan data besar. Menurutnya sebelum istilah ini muncul, sebelumnya masyarakat justru bekerja dengan data-data yang sifatnya terstruktur dengan rapi dan ditabulasi.

big data
copyright©liputan6

Dengan begitu akan memudahkan mereka untuk mengolah dan menegnali data karena masih berupa tabel. Namun kendati demikian, seja adanya internet banyak sekali data yang sifatnya tidak terstuktur. Data yang tak terstruktur tersebut misalnya saja seperti data orang yang mengirim teks di media sosial atau data dari platform berita online.

Komang menegaskan jika kesimpulan dari pengolahan data yakni untuk pengambilan keputusan yang lebih baik. Dalam bukunya yang berjudul ‘Rahasia big data’ menyebutkan jika big data harus mempunyai tiga komponen yang terdiri dari Volume, Velocity dan Variety. Dengan tiga komponen ini big data akan mempunyai volume besar, kecepatan data tinggi dan ketersediaan jenis data yang beracam-macam.

Selain itu Komang juga menjelaskan difinisi harfiah API (Application Programming Interface) yang juga penting untuk big data. Dia mengatakan jika API merupakan program yang dapat dimanfaatkan kembali oleh para pengguna developer aplikasi dalam membuat produk atau berinovasi. Pengguna API juga diklaim aman karena data yang diolah telah disusun rapi menjadi satu paket, sehingga aman dan cepat untuk dimanfaatkan.

Baca juga : Bisa Dipesan Lewat Pre-Order, Oppo A83 Andalkan RAM, Display dan Face ID

Sementara itu jika melihat tren big data di Indonesia, dikataan tingkat maturity di Indonesia masih pada tahap awal. Banyak dari mereka yang ingin mencari data, namun masih pada level standart. Melihat demikian maka kedepannya tren pemanfaatan big data di Tanah Air dipastikan akan masif karena data akan menjadi aset penting perusahaan.

Perkembangan big data perusahaan Telkom misanlnya yang bisa dikatakan cukup agresif dan itu wajar karena perusahaan ini memang cukup getol dengan big data. Tahun ini Telkom sudah mengembangkan 27 Use Cases Bog Data dan jumlahanya saat ini ada enam.

Baca juga : Infinix Zero 5 Hadir di Indonesia, Smartphone Canggih RAM 6 GB dan Dual-Camera