Pakai Material Ajaib, Isi Baterai Ponsel Hanya Perlukan Waktu 7 Detik

0
1004
baterai smartphone
copyright©jalantikus

Baterai Smartphone Bakal Terisi Cuma Dalam Waktu 7 Detik, Seperti Apa?

Eratekno.com – Seperti diketahui jika baterai smartphone tak bisa dilepaskan dari keberadaan charger. Kali ini peneliti dari Eropa mengatakan, dua tahun mendatang baterai di perangkat mobile dapat terisi hanya dalam waktu tujuh detik.

Pernyataan tersbeut dimunkinkan ada kaitannya dengan bantuan graphene yang disebut sebagai material ajaib. Graphene sendiri dikenal mempunyai potensi besar dalam mengembangkan kemampua baterai smartphone. dengan material tersebut ada sejumlah aspek yang diperkirakan dapat ditingkatkan.

Baca juga : Bakal Jatuhkan Xiaomi Redmi Note 5, Lenovo S5 Bakal Hadir dengan RAM 6 GB, Android Oreo dan Baterai 6.000 mAh

Beberapa aspek tersebut yakni penyimpanan energi, ketahanan baterai dan kecepatan pengisian baterai. Aspek yang terakhir yakni meningkatkan kecepatan pengisian baterai smartphone menjadi sorotan. Aspek tersebut telah menarik perhatian sejumlah ilmuawan dalam beberapa waktu belakangan ini.

Sejumlah ilmuwan yang meneliti graphene percaya jika material ini mampu menambah kecepatan perpindahan daya anatar sumber energi dengan baterai secara signifikan. Bukan itu saja, sejumlah peneliti juga memperkirakan kemampuan itu akan membuat graphene mampu mengisi daya baterai dengan waktu singkat yakni hanya dalam waktu tujuh detik.

baterai smartphone
copyright©linetoday

Mengenai hal ini juga dibenarkan oleh Head Innovation Graphene Flagship sebuah firma penelitian dari Eropa, Kari Hjelt. ‘Hal ini akan terwujud dengan memakan waktu sekitar dua tahun mendatang. Graphane sendiri merupakan materia yang maish cukup muda, jadi sebenarnya kami cukup terkesan dengan perkembangan yang ditunjukannya hanya dalam waktu 14 tahun terakhir’ ujarnya saat ditemui Jumat, 16 Maret 2018.

Cukup diketahui jika Graphene sendiri adalah sebuah lapisan tipis dari atom karbon murni yang dihasilkan dengan mengekstrak grafit. Proses tersebut pertama kali berhasil dilakukan pada 2004 lalu. Salah satu kemampuan dari material tersebut yakni kekuatannya yang 200 kali lipat dibandingkan baja.

Baca juga :  Ramah Lingkungan, Baterai dengan Kandungan Air Bakal Gantikan Lithium Ion ?

Namun meski begitu, graphene lebih ringan dari kertas pada umumnya, oleh karena itu membuatnya kerap disebut sebagai material ajaib. Sedangakan peneliti dari Advanced Institute of Technology (SAIT) yang bekerjasama dengan Samsung SDU da Soul National University sebelumnya juga telah mengembangkan bateria yang menggunakan material graphene.

Pada saat itu mereka menjanjikan jika pengisisan baterai smartphone memakan waktu selama 12 menit. Akan tetapi pihak SAIT sendiri enggan memberi tahu kapan baterai yang dapat diisi daya dengan waktu kilat tersebeut akan dirilis ke publik

Baca juga : Mengekspor Pendatang Baru Polytron Prime 7 Pro, Smartphone RAM 3GB dan Baterai Jumbo 5.000 mAh