Perbandingan Samsung Galaxy J5 Prime dengan Samsung Galaxy J5 (2016), Ponsel Rp.2 Jutaan

ERATEKNO.COM. Samsung kian bergeliat dengan merilis produk smartphone terbarunya. Tahun 2016 lalu, Samsung merilis Samsung Galaxy J5 Prime sebagai generai penerus dari Samsung Galaxy J5. Sementara kita tahu versi paling dekat dengan Galaxy J5 Prime adalah Samsung Galaxy J5 (2016). terkadang kita bingung ingin menentukan ponsel dari seri Galaxy J yang memang memiliki banyak varian. Nah kali ini kami akan berikan sedikit ulasannya perbandingan Samsung Galaxy J5 Prime dengan Samsung Galaxy J5 (2016) untuk sobat sekalian.

Perbandingan Samsung Galaxy J5 Prime dengan Samsung Galaxy J5 (2016), Ponsel Rp.2 Jutaan

Perbandingan Samsung Galaxy J5 Prime vs Samsung Galaxy J5 (2016)

Desain yang Serupa denga Rentang Layar berbeda

Samsung Galaxy J5 Prime hadir dengan desain berbahan metak yang lebih elegan. Secara visual memang terlihat sama namun dari sisi warna yang tersedia tentu Galaxy J5 Prime lebih variatif. Ponsel ini mengusung layar 5 inci bermaterial PLS TFT. Kualitas layar memang terkesan biasa saja karena spesifikasinya baru sebatas HD 720 x 1280 pixels dengan kerapatan 294 ppi. Layarnya sudah dilapisi oleh lapisan kaca Corning Gorilla versi 4 sehingga sangat tahan terhadap goresan. Menariknya layar 2.5D membuat tampilan fisik ponsel ini makin mewah. Kelebihannya ponsel ini sudah dibekali dengan sensor pemindai sidik jari Fingerprint sensor).

Sementara Samsung Galaxy J5 (2016) belum menggunakan fingerorint sensor, layarnya lebih lebar dari J5 Prime dengan rentang 5.2 inci. Kelebihannya adalah panel layar sudah Super AMOLED meski resolusinya bisa dikatakan sama yakni setara 720p (HD) dan kerapatan 282 ppi. Bukan hanya itu, layar ponsel juga sudh dilapisi Corning Gorilla Glass.

Kesimpulannya adalah, jika melihat dari sisi kejernihan memang tak jauh berbeda atau bisa dikatakan sama, hanya saja pada seri J5 Prime sudah menggunakan sensor pemindai sidik jari sehingga menjadi kelebihan tersediri. Poin untuk Samsung Galaxy J5 Prime.

Sama-Sama Bertenaga octa-core dengan RAM 2 GB dan Memori 16 GB

Beralih kebagian permesinan secara keseluruhan kedua ponsel ini sama-sama dibekali dengan mesin Quad-core dengan RAM 2 GB sehingga kemampuanpun dipastikan tak jauh berbeda. Hanya saja berbeda dari chipset yang digunakan serta kecepatan prosessornya. Samsung Galaxy J5 prime menggunakan chipset besutan Samsung yakni Exynos 7570 dengan tenaga prosessor Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53. Sementara Samsung Galaxy J5 (2016) menggunakan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 dengan prosessor Quad-core berkecepatan 1.2 GHz Cortex-A53. Secara teknis maka bisa disimpulkan Samsung Galaxy J5 Prime akan sedikit lebih responsif dalam mengolah data.

Apalagi keduanya sama-sama dibekali dengan RAM 2 GB uga sistem operasi android yang sama yakni versi 6.0.1 Marshmallow. Sisi grafis juga tak jauh berbeda meski menggunakan GPU berbeda yakni Mali-T720 dan Adreno 306 untuk masing-masing ponsel.

Bukan hanya itu, persamaan ada pada kapasitas memorinya dimana kedua ponsel sama-sama mengandalkan kapasitas memori 16 GB dan memori tambahan hingga 256 GB.

Kesimpulannya meski sama-sama diperkuat mesin Quad-core dan RAM 2 GB, namun secara teknis jika berkaca pada kecepatan prosessornya maka Samsung Galaxy J5 Prime sedikit lebih unggul. Poin 2 untuk Samsung Galaxy J5 Prime.

Kamera berukuran Sama 5 MP dan 13 MP

Taka da perbedaan yang berarti pada bagian kameranya, Samsung Galaxy J5 Prime mengandalkan kamera selfie 5 MP dengan fitur f/2.2 sementara Samsung Galaxy J5 (2016) mengandalkan kamera dengan ukuran sama berfitur f/1.9 dan LED Flash. Secara kualitas keduanya mampu menghasilkan foto selfie dengan kualitas tak jauh berbeda atau bisa dikatakan sama meski versi J5 Prime mampu menangkap cahaya lebih besar.

Persamaan juga terletak pada kamera utamanya, baik Samsung Galaxy J5 Prime maupun Samsung Galaxy J5 (2016) sama-sama diperkuat kamera 13 MP dengan futur autofocus dan aperture f/1.9, 28 mm sebagai andalannya. Poin sama untuk kedua ponsel ini dilihat dari sisi kamera.

Kapasitas Baterai Lebih Unggul J5 (2016)

Sayangnya untuk urusan daya memang Samsung Galaxy J5 (2016) auh lebih unggul. Ponsel ini diperkuat oleh baterai berkapasitas 3100 mAh dengan jenis Removable. Sementara Samsung Galaxy J5 Prime hanya diperkuat oleh baterai 2400 mAh itupun dengan jenis Non-Removable yang tak bisa dilepas, keunggulannya daya tahan baterai jenis ini lebih baik. Tapi tetap saja kami menghitungnya dari sisi kapasitas daya sehingga kesimpulannya, Samsung Galaxy J5 (2016) lebih unggul.

Fitur Dual SIM dan Jaringan 4G LTE

Keduanya menyediakan dua slot untuk sim card GSM meski pada Samsung Galaxy J5 (2016) juga menyediakan versi single SIM. Bukan hanya itu, kedua ponsel sama-sama mendukung jaringan 3G dan 4G LTE dengan kecepatan akses internet data maksimal hingga LTE Cat4 atau 150/50 Mbps.

Ponsel ini uga dilengkapi dengan Wifi, bluetooth, microUSB, NFC hingga A-GPS dan Radio. Poin imbang untuk kedua ponsel.

Harga Samsung Galaxy J5 Prime dan Samsung Galaxy J5 (2016).

Lantas bagaimana dengan harganya? Jelas Samsung Galaxy J5 Prime lebih mahal mengingat ponsel ini keluaran terbaru dan dilengkapi fitur unggulan seperti fingerprint sensor. Ponsel ini dibandrol sekitar Rp.2,7 jutaan. Sementara Samsung Galaxy J5 (2016) dibandrol sekitar Rp.2,2 jutaan. Lantas sobat pilih yang mana? Mengingat jika dilihat dari kesimpulannya, Ponsel ini memiliki spesifikasi yang tak jauh berbeda. Hanya kelebihan fitur yang diberikan pada versi J5 prime, So, semua tergantung sobat memilih yang mana?