Perhatikan! Ini Dia Ciri-Ciri Aplikasi Pembawa Malware di Smartphone Android

0
3306
copyright©

Berikut Ini Ciri-Ciri Aplikasi Pembawa Malware di Smartphone Yang Wajib kamu Perhatikan

Eratekno.com – Terdapat banyak aplikasi dalam Google Play Store. Dan aplikasi tersebut tidak semuanya dalam mode gratis, ada juga aplikasi yang berbayar untuk bisa dibeli sehingga akan membuat smartphone kita menjadi lebih kece.

Namun, kebanyakan orang pastinya akan memilih gratisan. Ya, memang sesuatu yang gratis itu menyenangkan, tetapi bukan berarti kita bisa mempercayai penuh untuk keamanannya. Kalian juga harus memperhatikan Ciri-Ciri Aplikasi Pembawa malware yang hingga kini telah tersebar.

Dengan adanya malware dalam aplikasi tersebut akan menjadi ancaman juga bagi data penting yang ada dalam smartphone tersebut. Simak kelanjutannya!

Baca Juga : Terinfeksi Malware, Google Tendang 60 Game dari Play Store !

Ini Dia Ciri-Ciri Aplikasi Pembawa Malware di Smartphone

  • Aplikasi tersebut Tidak Ada di Google Play
copyright©Jalantikus

Memang banyak aplikasi yang menarik tetapi tidak tersedia di Google Play Store. Nah, dengan begitu perlu dipertanyakan keamanan malware pada aplikasi tersebut. Memang memiliki fitur unik tetapi tidak dikurasi Google sama sekali. Selain itu, aplikasi yang ada di Play Store saja belum tentu 100% aman apalagi aplikasi dari internet?

  • Deskripsi Tidak Jelas
copyright©Jalantikus

Sebelumnya jika ingin menginstall aplikasi perlu diperhatikan deskripsi dari aplikasi tersebut. Developer yang memiliki tanggung jawab akan menuliskan secara rinci tentang aplikasi yang telah dibuatnya tersebut sehingga tidak membuat para pengguna bingung. Dan bahkan developer juga akan menyertakan kontak jika sewaktu-waktu terjadi masalah dengan aplikasinya.

  • Permintaan Akses Yang Mencurigakan
copyright©Jalantikus

Ketika kita menginstall aplikasi, kita akan dimintai akses ke fungsi lainnya di smartphone dan jika kita mendapatkan permintaan akses yang tidak masuk akal, maka sebaiknya langsung hapus aplikasi tersebut dan pastikan tidak menginstallnya.

Baca Juga : Serangan Siber, Malware Android ini Menyamar Mirip Aplikasi Uber !

Contoh akses yang masuk akal ini adalah dengan menginstaal game bakso kotak tetapi secara tiba-tiba aplikasi ini meminta akses ke pesan, nah, hal ini wajib kamu curigai untuk apa game tersebut meminta akses ke layanan pesan kalau bukan untuk yang lain.

  • Jumlah Install
copyright©Jalantikus

Selain itu, kamu juga bisa melihat berapa banyak yang sudah menginstall aplikasi tersebut, sehingga kamu akan mengetahui bahwa semakin banyak yang telah menginstall maka semakin baik juga aplikasi tersebut kamu gunakan. Nah, jika jumlah install malah sedikit, bisa jadi aplikasi tersebut memiliki banyak virus dan hal berbahaya di dalamnya.

  • Meminta Akses Admin dengan Paksa
copyright©Jalantikus

Sebelumnya telah diketahui bahwa sejumlah aplikasi Android memang meminta akses administrasi untuk mendapatkan kegunaan dengan baik. Dan meskipun telah diberikan hak akses, namun hanya bisa dipakai terbatas. Dan jika memaksa untuk memberikan akses admin tersebut, maka kalian patut curiga apalagi aplikasi tersebut berasal dari sumber yang tidak jelas.

Nah, itulah beberapa Ciri-ciri Aplikasi pembawa malware yang wajib kamu ketahui dan perhatikan sebelum memilikinya dan sebelum kalian terjerumus ke dalam jebakan aplikasi pembawa malware tersebut. Sehingga kamu akan lebih berhati-hati lagi dalam menginstall aplikasi di smartphone kamu. Semoga Bermanfaat!

Baca Juga : Di Tahun 2018, Diperkirakan Munculnya Malware Yang Lebih Ganas !