Simak, Ini Trik Membeli Handphone Android Second!

0
1055
Handphone Bekas
Copyright©riauaktual

Begini Tips Membeli Handphone Android Bekas!

Eratekno.com – Saat ini berrbagai macam tipe handphone Android baru sudah banyak bermunculan. Bahkan setiap  saat, ada berbagai merek yang keluar dengan tipe yang berbeda-beda serta memberikan keunggulan tersendiri untuk para penggunanya.

Namun tak semua orang langsung tergiur untuk membelinya dikarenakan banyak yang memilih untuk membeli handphone second alias bekas karena menginat harganya  yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan yang baru.

Namun membeli handphone android bekas yang bagus dan tidak gampang rusak ini pun bak ibarat membeli kucing dalam karung. Kadang kita mendapatkan untung  selain itu juga tak jarang malah jadi rugi dan merasa tertipu.

Oleh karena ini lah untuk mengindari hal-hal yang tak diinginkan, ada baiknya kalian membaca Tips membeli handphone bekas berikut ini!

Baca: Berguna Banget, Ini 5 Aplikasi Android yang Jarang Diketahui Dari Pengusir Tikus Sampai Anti Nyamuk Lho!

Cara Membeli Handphone Android Bekas!

1. Lihat Fisik Luar/Body Handphone

Periksa bagian ujung / sudut body apakah terlihat bompel, retak, atau lecet yang kemungkinan terjadi karena handphone jatuh. Periksa juga permukaan layar apakah terlihat gelap di bagian sisi / pinggirannya dan lihat apakah ada tanda-tanda hp pernah tersiram air.

Handphone Bekas
Copyright©Jalantikus

2. Pastikan Storage & RAM mencukupi

Pastikan storage penyimpanan internal minimal adalah 16GB dan Ram 1GB supaya tetap awet dipakai lama. Karena bila kurang dari itu, handphone android second yg dibeli akan kesulitan menginstall banyak applikasi / game dan performa akan menjadi lagg / lemot.

Selain itu, kalian juga melakukan tes pada fungsi dasar HP. Lakukan tes untuk beberapa fungsi dari HP Second yang ingin kamu!

  • Menelepon supaya mengetahui apakah ada kerusakan di speaker dan microphone.
  • Periksa GPS handphone dengan menggunakan applikasi seperti Google Map, pastikan google map dapat mengetahui posisi kamu dengan akurat.
  • Dengarkan musik untuk periksa loudspeaker dan juga headset.
  • Ambil beberapa foto; periksa hasil yang didapat telah memuaskan dan lampu flash menyala.

Selain itu, juga ada cara yang lainya yakni dengan masuk ke mode engineering mode dimana kamu busa mengetes beberapa sensor seperti magnetic sensor, proximity sensor, camra, backlight, kondisi baterai dan masih banyak lagi.

Copyright©PhoneWorld

Untuk kebanyakan HP Android, fitur engineering mode ini bisa diakses dengan mengetaikkan *#*#4623#*#* di dialer telepon.

Bila kamu memiliki beberapa pilihan handphone second yang ingin dibeli dan bingung memutuskan yang mana. Alternatif terakhir adalah dengan memilih hp bekas dengan versi Android yang baru. Kamu bisa memeriksa versi Android melalui Option > Abut Phone (Pengaturan > Tentang Telepon) dan lihat di bagian Android Version.

baca juga !

Facebook Luncurkan Headset Virtual Reality Bernama Oculus Go, Apasih Keunggulanya?