Tak Akan Tersandung TKDN, Akankah Laptop 4G Hadir di Indonesia?

0
154
laptop 4G
[email protected]

Asyik, Laptop 4G Bakal Ada di Tanah Air Tanpa Hadangan TKDN

Eratekno.com – Seperti diketahui smartphone berbasis jaringan 4G yang masuk ke Indonesia akan selalu terkendala. Salah satu hal yang menghadang paling utama yakni aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

Lalu bagaimana dengan laptop jika hadir di Indonesia dengan jaringan 4G? Apakah akan dihadang oleh TKDN seperti smartphone 4G?

Pertanyaan tersebut dijawab oleh oleh Director Government Affair Southeast Asia and Pacific Qualcomm, Nies Purwati. Dia menyebutkan jika aturan TKDN 30 persen tersebut ternyata tak akan berlaku untuk laptop 4G. Aturan tersebut hanya akan ditetapkan untuk tiga perangkat 4G yakni smartphone, komputer genggam (handhed) dan komputer tablet.

Baca juga : Ngeri.. Ini Dia Software yang Dapat Prediksi Kematian Buatan Ilmuwan Amerika Serikat

Maka dari itu laptop alias notebook tidak termasuk dari tiga perangkat ini dan tidak terikat dengan aturan TKDN. Menurut Nies pihak Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) sebelumnya juga telah memberikan konfirmasi terkait hal ini.

laptop 4G
[email protected]

‘Komnfo telah berikan klarifikasi jika notebook tak termasuk dalam komputer genggam. Sedangkan koneksi jaringan 4G memang tak untuk komunikasi layaknya ponsel melainkan sebagai koneksi data‘ ujarnya saat ditemui di acara Qualcomm Media New Year Gathering yang digelar di restoran Kila Kila, Jakarta pada Rabu, 24 Januari 2017.

Dengan demikian dipastikan jika perangkat baru berupa laptop 4G yang dikeluarkan oleh Qualcomm Always Connected PC tak akan bermasalah dengan aturan TKDN. Cukup diketahui perangkat notebook dengan jaringan 4G ini baru saja dikenalkan oleh Qualcomm pada Desember 2017 kemarin.

Laptop ini akan berjalan dengan menggunakan sistem operasi (OS) Windows 10. Lebih uniknya lagi perangkat ini didukung dengan chipset Snapdragon dan disematkan pula sebuah modem. Seperti namanya, notebook ini nantinya akan selalu terkoneksi dengan jaringan 4G LTE layaknya smartphone.

Baca juga : Usai MIUI 10, Xiaomi Fokus Teknologi Kecerdasan Buatan (AI)

Dipastikan tak akan berurusan dengan aturan TKDN, kemungkinan besar laptop 4G yang kini telah dirilis Asus, HP dan Lenovo nampanya akan segera masuk ke Tanah Air. Akan tetapi Qualcomm sendiri hingga kini enggan buka suara terkait kapan perangkat ini di jual di Indonesia.

Saat itu Conuntry Manager Qualcomm Indonesia, Shannedy Ong menuturkan jika semua keputusan apakah perangkatnya masuk ke Indonesia akan dikembali ke pihak OEM maisng-masing. Sedangkan Qualcomm sendiri menghadirkan prosesor Snapdragon 835 pada peranagkat Always Connected PC pada debutnya di perangkat PC Asus BovaGo dan HP Envy X2.

Baca juga : Setelah Kantongi Paten, Samsung Gunakan Pemindai Sidik Jari di Layar Galaxy Note 9?