Tak Hanya Apple, Samsung Juga Dituding Bikin Ponsel Lemot

0
816
samsung
copyright©infromasiterbaru

Dituding Melambatkan Performa Ponsel, Samsung Senasib Dengan Apple

Oratekno.com –  Beberapa waktu terakhir ini Apple tengah diserbu berbagai kritikan dari serbagai negara. Itu terjadi terkait dengan upaya perusahaan teknologi Amerika Serikat membuat performa iPhone lawas menjadi lambat.

Namun belakangan ini ternyata bukan hanya Apple yang mengalami masalah tersebut, Samsung pun juga demikian. Kejadian berawal ketika pihak otoritas Italia tengah menyelidiki kasus performa melambatnya yang terjadi pada sejumlah peragkat iPhone di negaranya.

Ternyata bukan hanya melakukan penyelidikan pada Apple, pihak otoritas juga melakukan penyelidikan terhadap produk perusahan kenamaan asal Korea Selatan. Setelah dilakukan penyelidikan, pihak otoriats Italia menuduh Samsung dan Apple melakukan praktik komersialisasi yang curang yakni memperlambat performa produknya.

Baca juga : Lagi, Baterai iPhone Meletus Setelah Digigit

Kedua perusahan tersebut dinilai menggunakan update software untuk memperlamabat performa handset. Hal tersebut dilakukan diduga supaya konsumen beralih dengan handset baru yang dihadirkan. Apple sendiri sebelumnya membantah penurunan performa dengan alasan tersebut dan pihak perusahaan mengatakan jika upaya dilakukan guna mengatasi masalah baterai.

samsung
copyright©liputan6

Otoritas Italia sendiri berencana membuat obsolescence (usang) perangkat yang diproduksi oleh Samsung dan juga Apple. Hal tersebut dilakukan karena kedua perusahaan dinilai tidak memberikan informasi kepada konsumen tentang dampak beberapa pembaruan software terhadap performa.

Sedangkan dengan adanya penyidikan dan tekanan dari otoritas Italia itu, Samsung pun angkat bicara. Melalui juru bicaranya, vendor Korea Selatan tersebut membantah adanya praktik penurunan performa yang dituduhkan. Dikatakan oleh salah satu perusahaan teknologi terbesar didunia itu jika pihaknya menggunakan metode berbeda untuk mengatasi degradasi baterai tanpa mengurangi performa.

Baca juga : Singkirkan Apple, Huawei Jadi Merek Nomor Satu di Tiongkok

‘Kami tidak menurunkan perfoma CPU melalui pembaruan software selama siklus hidup ponsel. Kualitas produk menjadi prioritas utama Samsung dan kami pastikan memperpanjang daya tahan baterai perangkat mobile Samsung melalui langkah-langkah keamanana dengan banyak lapisan. Mulai dari alfgoritma software tanaga mengatur baterai saat ini dan juga pengisian baterai’ ujar juru bicara Samsung.

Sementara itu sejauh ini belum ada keterangan mengenai tindakan Samsung yang diduga telah sengaja menurunkan performa ponsel miliknya. Akan tetapi jika terbukti bersalah , Samsung dan Apple akan dikenakan denda jutaan dollar karena dianggap telah melanggar Italian Consumer Code.

Baca juga :  Alami Kerugian, LG Setop Rilis Smartphone Tiap Tahun !