Tak tanggung-tanggung, Sebanyak 15.000 iPhone Diselundupkan Gunakan Drone ! Kok Bisa ?

0
129
[email protected]

Waduh, iPhone Sebanyak 15.000 Diselundupkan Gunakan Drone !

Eratekno.com – Drone yang berfungsi selain untuk fotografi, drone ternyata juga dapat disalahgunakan. Dimana wahana nirawak yang merupakan tempat untuk menyelundupkan iPhone yang melintasi perbatasan negara oleh sejumlah warga asal China.

Tak tanggung-tanggung, jumlah iPhone yang diselundupkan yang berhasil di sita oleh pihak Be Cukai China yang mencapai 15.000 unit. Ditaksir nilai dari iPhone tersebut mencapai 79 juta dollar AS (sekitar Rp 1,1 triliun).

Baca Juga : Mengekor iPhone X, OnePlus 6 Bakal Miliki poni ! Ini Alasannya  !

Kelompok tersebut yang berjumlah 26 orang yang menggunakan drone untuk menerbangkan dua kabel sepanjang 200 meter, untuk dikirim ke perbatasan yang dipergunakan untuk mengirim beberapa iPhone rekondisi ilegal. Kelompok ini yang menyelundupkan iPhone pada tengah malam. Mereka melakukan dengan cara menggunakan tas-tas kecil yang sudah diisi dengan sekitar 10 iPhone setiap tasnya.

[email protected]

Kemudian tas-tas tersebut yang dikirimkan melalui kabel yang sudah dibentangkan oleh drone tadi. “Ini adalah kasus pertama yang ditemukan di China bahwa drone digunakan untuk kejahatan penyelundupan lintas batas,” ungkap kepolisian setempat, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Reuters, Senin (2/4/2018).

Baca Juga : Bos Apple Marah Besar, iPhone Dianggap Buatan China Bukan Amerika !

Berdasarkan hasil investigasi petugas, pelaku penyelundupan ini yang melakukan dengan cara menerbangkan kabel sepanjang 200 meter di atas sungai Shenzhen hingga ke seberang yang sudah masuk wilayah Hong Kong. Kemudian mereka mengirim sebanyak 15.000 iPhone yang membaginya dengan tas-tas kecil berisi sekitar 10 iPhone.

Sementara petugas bea cukai di Shenzhen yang mengungkapkan jika pihaknya bakal terus menerus untuk memantau perbatasan tersebut, dan juga melakukan pengembangan terhadap kasus penyelundupan baru yang menggunakan teknologi canggih seperti ini. Sehingga timnya akan melakukan tindakan tegas dengan melengkapi diri dengan peralatan yang canggih pula, untuk menghindari kejadian yang sama agar tidak terulang kembali.

Di China, penerbangan pesawat nirawak haru melalui regulasi. Sebab di negara Tirai Bambu ini merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah produksi drone yang cukup besar. Dimana tahun lalu pemerintah China yang sudah memberlakukn peraturan yang ketat, bagi para pemiliki dan pengguna drone.

Baca Juga : Trio iPhone X yang Meluncur Tahun Ini Mulai Terendus, Ini Bocoran Harganya!