Teknologi AI Milik Oppo F7 Lebih Pintar Dibandingkan Oppo F5, Kok Bisa?

0
282
Oppo F7
[email protected]

Sama-sama Punya Teknologi AI di Sisi Kamera, Oppo F7 Diklaim Lebih Pintar dari F5

Eratekno.com – Oppo bakal memperkenalkan perangkat barunya Oppo F7 pekan ini. Perangkat terbaru tersebut bakal meneruskan penggunaan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intellegence-AI) yang terlebih dahulu disematkan di Oppo F5 guna mengolah jepretan.

Meskipun sama-sama mengandalkan teknologi AI, ternyata F7 lebih pintar dibandingkan dengan F5. Dikatakan demikian sebab kecerdasan buatan di F7 adalah pengembangan dari teknologi serupa pada produk sebelumnya. Mengenai hal ini juga diungkapkan langsung oleh PR Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto.

Baca juga : Lakukan Pemanasan Sebelum Rilis, 7 Keunggulan Oppo F7 Diumbar !

Dia mencontohkan kemampuan teknologi AI yag dimiliki Oppo F7 untuk mengenali objek foto melalui jepretan kamera belakang. Pengenalan objek ini disebut AI Scene Regognition dan pengenalan dilakukan untuk mengoptimakan hasil jepretan melalui penyesuaian setting kamera dengan 16 preset di memori.

Aryo menuturkan jika pada Oppo F5, teknologi AI hanya bekerja di kamera depan dan tak ada di kamera belakang. Sedangkan di kamera depan F7, teknologi AI Beauty hadir untuk mempercantik jepretan selfie juga dipercanggih dengan sejumlah fitur ekstra mulai dari high-dynamic range (HDR), super vivid mode, dan depth effect (bokeh). Semua efek tambahan itu dapat diaktifkan secara bersmaan dengan AI Beauty.

[email protected]

Namun sebenarnya tidak mengherankan jika dikatakan Oppo F7 lebih pintar dibandingkan dengan Oppo F5. Aryo pun menyebut jika F5 dibekali dengan dapur pacu berupa chip MediaTek Helio P23 yang juga memiliki unit pengolah AI atau APU (AI Processing Unit). Lalu Engineer Oppo pun mengakali dengan menggunakan sebagian sumber daya pengolah grafis (GPU) dan CPU untuk mengolah kecerdasan buatan.

Baca juga : Bawa Peningkatan Disektor Kamera, Yuk Simak Keunggulan Kamera Oppo F7!

Pada F7 sendiri chip yang ditanamkan telah memiliki APU dedicated, namun Aryo sendiri masih enggan mengungkapkan apa persisnya merek dan tipe system-on-chip tersebut. Dari keterangan didapati jika spesifikasi yang tertanam yakni SoC F7 memiliki empat CPU Cortex-A73 serta empat CPU Cortex-A53 dengan GPU MalipG72 MP3. melihat itu, kemungkinana SoC milik F7 merupakan MediaTek Helio P60 yang diketahui baru saja dikenalkan dan telah dibekali dengan APU.

Sementara itu untuk yang lainya, Oppo F7 sendiri dibekali dengan daya baterai 3.400 mAh, ssitem operasi (OS) Android 8.1 Oreo dan RAM 4G/64GB atau RAM 6GB/128GB. Sedangkan disisi fotografi perangkaat ini mengandalkan kamea depan 25 MP (aperture f/2.0) dan belakang 16MP (aperture f/1.8). Untuk harganya sendiri Oppo membanderol 21.900 rupe atau Rp 4,6 jutaan untuk versi 4GB/64GB da 26.990 rupe atau Rp 5,7 jutaan untuk versi 6GB/128GB.

Baca juga : Bocor, Oppo F7 Bakal Hadirkan Dua Varian Lain dengan Model ‘Youth’ dan 128GB