Ternyata Layanan “Gmail” Sudah Dipakai Oleh Ini, Sebelum Google !

0
113
[email protected]

Sebelum Google, Layanan ini Lebih Dulu Pakai Nama “Gmail”

Eratekno.com – Layanan e-mail Google, Gmail, pertama kali muncul pada hari April Mop tahun 2004 dan sempat dikira merupakan sebuah lelucon sebelum akhirnya diketahui merupakan sebuah service baru yang “serius”.

Walaupun sekarang lebih dikenal dengan Google, namun jauh sebelum populer dibawah naungan sang raksasa internet, nama “Gmail” sebetulnya sudah pernah digunakan oleh pihak lain, yakni Paws Inc, studio kartun besutan kreator karakter kucing tambun Garfield, Jim Darvis.

Baca Juga : Usung Teknologi Anyar, Google Hilangkan Iklan yang Mengganggu !

Gmail atau lebih tepatnya G-mail dimana huruf “G” yang merupakan singkatan dari nama “Garfield” yang sudah diketahiu oleh warganet sejak tahun 1998, atau berkisar 20 tahun lalu saat Google baru mengawali hidupnya sebagai mesin pencari yang tengah sibuk mencari modal.

[email protected]

Hal tersebut diketahui dari tangkapan gambar dari sebuah situs G-mail yang disimpan oleh para pengumpul sejarah internet, Internet Archive, seperti yang terlihat di bawah. Sebab telah digunakan oleh sang kucing Garfield, Google yang juga meluncurkan layanan e-mail yang bernama sama selama bertahun-tahun. Sehingga akhirnya muncul anggapan jika perusahaan tersebut mengambil alih domain gmail.com dari Paws Inc.

Baca Juga : Wow,, Penjualan Ponsel Nokia Salip Asus dan Google Lho!

Tetapi, berdasarkan keterangan yang diperoleh Kompastekno dari Gizmodo, Rabu (14/2/2018), domain gmail.com sebetulnya tidak pernah dimiliki oleh Paws Inc. yang mana studio kartun tersebut yang menggunakan nama domain lain, yakni gmail.garfield.com, subdomain dari situs garfield.com untuk layanan G-mail buatannya.

Dari hasil laporan yang beredar di internet yang mengungkapkan jika gomain gmail.com telah terdaftar sejak 1995. Sehingga ia lebih tua dari sang Google dan domain utama Google.com sekalipun.

Sedangkan untuk pemilik awal dari domain Gmail.com yakni perusahaan yang bernama US Email. Pada tahun 2000-an, US Email tutup sehingga kepemilikan dari domain Gmail.com sempat berpindah-pindah tangan sebelumnya akhirnya diambil alih oleh Google pada awal tahun 2004.

Baca Juga : Dapat Kucuran Dana dari Google, Go-Jek Bakal Kembangkan AI dan Machine Learning !