Tips Hemat Kuota Data, Saat Berbagi Internet di Android !

0
308
[email protected]

Sering Berbagi Internet di Android? Begini Caranya Biar Lebih Hemat !

Eratekno.com – Salah satu faktor yang dapat membantu di perangkat Android yakni tethering. Dengan menggunakan fitur ini, perangkat Android dapat berbagi internet atau menjadi wifi hotspot portabel bagi perangkat lain. Dimana cara ini sangat membantu bagi sejumlah orang.

Baca Juga : Mudah Banget, Tips Keluar dari Grup WhatsApp secara Diam-diam? Ini Caranya

Bila memang dalam keadaan serta kondisi yang tertendu misalnya sedang tidak memiliki paket internet. tetapi, bagi perangkat yang menyediakan tethering pasti akan menyebalkan jika kuota internetnya digunakan secara terus-menerus. Namun, jangan khawatir, sebenarnya ada fitur yang dapat digunakan oleh pengguna untuk dapat mengatur kemampuan supaya kuota internatnya tidak kebobolan ketika melakukan tethering.

tips hemat kuota saat tethering
copyright©Jalantikus

Oleh sebab itu, simak cara mudah mengatur tethering berikut ini.

1 Aktifkan Power Save

Fungsi fitur ini memungkinan pengguna untuk mengatur serta membatasi durasi perangkat untuk menyediakan internet. untuk menggunakannya, kamu hanya cukup membuka pengaturan langsung di perangkat.

Langkah pertama, buka menu Setting serta pilih Tethering & portable hotspot. Kemudian pilih menu Portable WiFi hotspot settings. Lalu buka Power Save dan pilioh durasi waktu yang kita inginkan.

Sekedar informasi, tampilan ini dapat berbeda-beda tergantung dari vendor smartphone. Tetapi, pada intinya setiap langkah dipengaturan tiap perangkat sebetulnya sama saja.

Baca Juga : Pengen Bikin Video Lambat Apik? Ini Dia 4 Tips Buat Video ‘Slow Motion’ dengan…

2 Atur Batasan Kuota Internet

Setelah melakukan setingan pada pengaturan Power Save, kamu dapat beralih untuk membatasi kuota internet yang akan digunakan. Langkah pertama, yakni buka menu Settings, kemudian pilih Data Usage dan aktifkan Set Mobile data limit.

Jika sudah aktif, kamu dapat menentukan batasan kuota internat yang dapat digunakan tethering. Dengan menggunakan cara ini, ketika pemakaian data sudah mencapai batas, koneksi internat akan secara otomatis terputus dannotifikasi peringatan akan tampil.

Mengenai WiFi gratis, banyak sekali pihak yang menawarkan koneksi WiIF gratis atau berbayar di tempat publik. Misalnya ditempat pusat belanja sampai dengan kedai-kedai kopi. Dengan kemudahan tersebut, ternyata ada bahaya yang mengintai, yakni data-data kita dapat dengan mudah dicuri oleh peretas atau hacker.  Untuk itulah, harap berhati-hati jika kita menggunakan WiFi gratis ditempat umum.

Baca Juga : Wajib Tau, Ini Nih 6 Tips Pilih Smartphone yang Paling Pas Buat Anda