Transaksi Jadi Mudah,, WhatsApp Rilis Fitur Baru Pembayaran Digital !

0
277
WhatsApp
copyright©kompastekno

Makin Mudah,, WhatsApp Rilis Fitur Baru, Pembayaran Digital !

Eratekno.comWhatsApp yang baru-baru ini telah menyematkan fitur terbaru yakni pembayaran digital pada layanan pesan singkat tersebut. dengan bertajuk “WhatsApp Payments”, dimana fitur tersebut yang tengah diuji coba di India, yang masih dalam tahap program beta.

Kabar yang beredar terkait WhatsApp Payments yang telah beredar sejak Januari lalu. Sesuai laporan daru sumber dalam, dimana WhatsApp yang bakal segera meluncurkan fitur pembayaran digital pada Februari ini.

Baca Juga : Tak Ingin Boros, Ini Nih Cara Menghemat Kuota Internet Saat Menggunakan WhatsApp

Adapun mekanisme WhatsApp Payments yang diusung sistem Unified Payments Interface (UPI). Antarmuka pembayaran tersebut yang memfasilitasi transaksi lintas bank di India, yakni State Bank of India, ICICI Bank, HDFC Bank dan Axis Bank.

WhatsApp
copyright©kompastekno

Sementara izin untuk menggunakan UPI yang diperoleh WhatsApp dari pemerintah India sejak Juli 2017 lalu. Pengembangan tersebut yang memakan kurang lebih setengah tahun hingga akhirnya membuahkan hasil.

Sedangkan pemanfaatan WhatsApp Paymenst terbatas pada transaksi duit pengguna, alias peer-to-peer. Pengguna masih belum dapat untuk melakukan transaksi ke merchant pihak ketiga.

Lalu, bagaimana cara untuk melakukan transaksi menggunakan WhatsApp Payments? Langkah pertama, dua pihak yang akan melakukan transaksi harus mengikuti program beta serta menginstall versi anyar dari WhatsApp untuk iOS ataupun Android.

Baca Juga : WhatsApp Tengah Uji Coba Fitur “Group Voice Call” dan “Group Video Call”

Untuk dapat mentransfer uang, pengguna cukup menekan ikon “attachment” kemudian klik ketika hendak mengirim kontak, media, lokasi, dll. Pengguna akan menemukan opsi “Payments”, sebagaimana dihimpun oleh mediatech, Senin (12/2/2018) dari Digit.in.

Kemudian pilih kontak yang akan anda kirimi uang, kemudian pilih akun bank anda dan penerima, masukkan nominal uang, masukkan pin UPI, lantas uang anda akan terkitim secara virtual. WhatsApp Payments sudah mendukung transaksi ke lebih dari 70 bank di India.

Ketika transaksi pertama, pengguna anak diminta untuk verifikasi nomor seluler. Pastikan nomor seluler untuk mengakses WhatsApp sesuai dengan nomor yang terkait dengan akun ank pengguna melalui UPI. Apabila anda tak memiliki akun UPI, maka WhatsApp Payments memiliki pilihan untuk membuat akun UPI terlebih dahulu.

Baca Juga : Jarang Diketahui, Berikut Ini Cara Mengetahui Besar Konsumsi Memori Tiap Percakapan WhatsApp!