Uji Coba Performa, iPhone 6 Melambat 28 Persen setelah 4 Bulan !

0
204
iPhone-6
[email protected]

Uji Coba Kinerja, iPhone 6 Melambat 28 Persen setelah 4 Bulan !

Eratekno.com – Beberapa waktu lalu, telah terungkap fakta mengejutkan jika Apple yang dengan sengaja memperlambat kinerja iPhone setiap update sistem operasi.

Hal tersebut untuk menyelamatkan ketahanan baterai iPhone lawas, agar ponsel tersebut tidak mati mendadak.

Baca Juga : Apple Percepat Program Pergantian Baterai iPhone, Kenapa?

Masalah mati mendadak yang dikarenakan adanya performa baterai yang menurun, seiring bertambahnya umur perangkat. Sementara untuk mengatasi penurunan perfoprma bateri tersebut, Apple lantas menurunkan kinerja dari perangkat secara keseluruhan.

Asumsi awalnya, saat baterai iPhone diisi 500 kali, kemudian baterai melemah, sehingga kinerja pun secara otomatis juga akan diperlambat.

iphone_lawas
[email protected]

Setelah diuji, ternyata empat bulan pemakaian dengan 140 kali pengisian daya pada iPhone yang sudah mereduksi kinerja sampai dengan 28 persen.

Pengujian tersebut dilakukan dengan layanan indikator benchmark GeekBench sebanyak tiga kali untuk iPhone 6 dengan sistem operasi iOS 11.2.1.

Dari pengujian awal yang mengambil contoh iPhone 6 yang betul-betul baru dan belum diisi daya sama sekali.

Hasilnya, iPhone 6 tersebut telah menghimpun skor single-core sebanyak 1.483 dan multi-core sebanyak 2.675. lalu pada pengujian selanjutnya pasca diisi daya sebanyak 140 kali, kinerja terlihat menurun sampai 28 persen.

Untuk skor single-core iPhone 6 turung menjadi 1.063, sementara mulri-core yang mengalami penurunan menjadi 1.792. padahal, 140 kali pengisian daya tersebut diperkirakan setara dengan umur penggunaan empat bulan.

Baca Juga : 7 Tanda iPhone Kamu Diperlambat oleh Apple !

Usia tersebut sudah pasti terrhitung sangat baru. Lalu bagaimana jika sudah diisi daya sampai 900 kali ?

Pada tahat ini, umur iPhone diperkirakan sudah berumur 2 tahun. Berdasarkan hasil pengujian GeekBench, skor single-core tinggal 784 dan multi-core yang tersisa 1.352, seperti yang dihimpun oleh media awak, Selasa (2/1/2018) dari Simplyfixit.

Walaupun contoh pengujian adalah iPhone 6, penurunan performa juga terlihat pada iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus dan iPhone SE.

Sementara tidak ada hal yang dapat diperbuat untuk menghentikan perlambatan performa ini, kecuali dengan cara mengganti baterai iPhone setiap empat bulan sekali.

Baca Juga : Berseteru Dengan Qualcomm, iPhone 2018 Akan Pakai  Modem MediaTek?