Uji Ketahanan Layar iPhone X vs Galaxy Note 8, Bagus Mana?

0
198
iphone x d
[email protected]

Uji Ketahanan Layar iPhone X vs Galaxy Note 8, Awet Mana?

Eratekno.com – Nampaknya banyak hal yang dilakukan oleh Apple di iPhone X, yakni tentang penggunaan panel OLED yang dapat menghasilkan warna yang lebih banyak. Meski panel tersebut memiliki satu kelemahan, yakni burn-in.

Baca Juga : Uji Coba Performa, iPhone 6 Melambat 28 Persen setelah 4 Bulan !

Apakah Burn-in itu ? burn-in ialah keadaan saat ada gambar yang tersimpan di layar ketika layar ponsel secara terus menerus menampikan gambar sama dalam kurun waktu tertentu.

Hal tersebut sudah terhadi pada jenis panel OLED, AMOLED dan bermacam lagi variannya, seperti kebanyakan ponsel dengan kelas atas layaknya ponsel Samsung dan juga Google Pixel.

[email protected]

Namun jangan khawatir, pihak Apple sendiri yang telah memperingatkan pembeli iPhone X adanya kemungkinan bakal terjadinya burn-in pada layar ponselnya tersebut.

Walaupun mereka menyebutkan jika panel tersebut yang mereka gunakan memiliki standar tinggi sehingga kecil kemungkinannya terkena burn-in tersebut.

Untuk menguji klaim Apple tersebut, sebuah situs yang berasal dari Korea Selatan yang berna Cetizen yang melakukan uji coba terhadap layar iPhone X dan beberapa ponsel lain yang juga turut menggunakan panel jenis ini, seperti Samsung Galaxy S7 Edge dan Galaxy Note 8.

Baca Juga : Berseteru Dengan Qualcomm, iPhone 2018 Akan Pakai  Modem MediaTek?

Dalam uji coba tersebut, Cetizen yang menemukan jika layar iPhone X baru menampilkan gejala burn-in tersebut setelah layarnya menampilkan gambar yang sama,

apabila digunakan secara terus-menerus selama 510 jam. Seperti yang dikutip oleh Ubergizmo, Kamis (4/1/2018).

Sedangkan untuk Galaxy S7 Edge dan Galaxy Note 8 yang muncul gejala burn-in setelah 510 jam yang lebih parah jika dibanding burn-in pada iPhone X.

Namun, akurasi dari tes uji coba ini tentu sulit untuk dijabarkan karena menampilkan gambar yang sama pada ponsel selama 510 jam yang merpakan hal sulit untuk dilakukan.

Namun begitu, Apple tetap menyebut iPhone X merupakan ponsel terbaik dikelasnnya. Sehingga kualitasnya sudah tidak diragukan lagi.

Baca Juga : Terungkap, Desain Cover Belakang Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Bocor ?