Update baru, Google Maps Bisa Hindari Jalur Ganjil-Genap Lho ! Simak

0
576
[email protected]

Google Maps Kini Bisa Dipakai Hindari Jalur Ganjil-Genap !

Eratekno.com – DKI jakarta yang telah memberlakukan aturan baru yakni pembatasan plat nomor mobil ganjil-genap untuk sejumlah ruas jalan utama di jam sibuk pagi dan sore hari. Dimana mobil dengan plat nomor dengan akhiran angka ganjil hanya diperbolehkan untuk melintas di tanggal ganjil, sementara untuk mobil berplat nomor dengan akhiran angka genap hanya dibolehkan untuk melintas di tanggal genap.

Baca Juga : Tak Usah Risau Smartphone Hilang, Ini 4 Fitur Google yang Siap Mengatasinya!

Pengemudi mobil yang belum terbiasa dengan aturan ini berisiko ditilang jika melanggar. Menyadari adanya kebutuhan untuk menghindari ruas jalan terkait aturan ganjil-genap, Google yang telah menyematkan fitur anyar di aplikasi navigasi Maps untuk mempermudah hal tersebut.

copyright©Androidheadlines

Google Maps versi terbaru (versi 9.73, diluncurkan 16 Maret 2018) di toko aplikasi Android Google Play Store yang sudah dapat mengidentifikasi ruas jalan ganjil-genap di DKI Jakarta. Jika pengguna meminta petunjuk arah navigasi mobil ke sutau lokasi yang umumnya dituju melewati jalur ganjil-genap, maka Google Maps yang bakal secara otomatis menyajikan jalur alternatif laun untuk menghindari ruas jalan yang memiliki aturan tersebut.

Baca Juga : Ternyata Ini Kehebatan Machine Learning di Google Camera ?

Jalur alternatif yang hanya bakal tampil jika pengguna meminta directions di waktu pemberlakuan aturan ganjil-genap, antara pukul 07.00 sampai dengan 10.00 pagi hari dan antara pukul 16.00 sampai dengan 20.00 untuk sore hari dan malam hari. Jika dilaru dua perioden waktu tersebut, maka rute navigasi bakal disajikan seperti biasa tanpa menghindari ruas ganjil-genap.

Di tampilan peta akan disajikan informasi perkiraan waktu ke destinasi, berikut label bahwa rute tersebut berlaku untuk kendaraan berplat ganjil atau genap,” ungkap Product Marketing Manager Google Indonesia Sasha Sunu ketika berbicara dalam acara Google Maps Update di Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Fitur ganjil-genap bakal tampil melalui bentuk banner di aplikasi Google Maps versi anyar. Dimana pengguna dapat memasukkan akhiran nomor plat mobil, apakah  itu ganjil atau genap. Google Maps yang akan melakukan rute secara otomatis untuk menghindari jalur ganjil-genap, sesuai dengan waktu, tanggal ,hari dan nomor plat mobil pengguna.

Baca Juga : Google Ungkapkan Keamanan Android Meningkat pada 2017 !